Shin Tae-yong Tegaskan Hanya Coba Pemain Keturunan untuk Timnas Indonesia U-19, Bukan Naturalisasi

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Jumat, 21 Agustus 2020
Shin Tae-yong Tegaskan Hanya Coba Pemain Keturunan untuk Timnas Indonesia U-19, Bukan Naturalisasi
Manajer Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (PSSI)

BolaSkor.com - Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menegaskan sampai sekarang masih belum memikirkan untuk memanggil pemain-pemain yang bukan keturunan Indonesia, guna masuk dalam pemusatan latihan atau training centre (TC) Timnas Indonesia U-19/U-20.

Sebelumnya, sempat ada kabar miring mengenai lima pemain muda Brasil yang akan dinaturalisasi oleh PSSI. Kelima pemain ini sudah tersebar di tiga klub, yakni Arema FC, Persija Jakarta, dan Madura United.

Lima pemain yang dimaksud adalah Thiago Apolina Pereira dan Maike Henrique Irine de Lima (Persija Jakarta), Henrique Bartoli serta Hugo Guilherme (Arema FC), dan Robert Junior Rodrigues Santos (Madura United).

Arema FC dan Madura United mengakui pemain muda Brasil tersebut merupakan proyek naturalisasi untuk Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Namun, kabar itu langsung dibantah oleh PSSI melalui Direktur Teknik, Indra Sjafri.

Pelatih asal Korea Selatan itu menegaskan, hanya akan memantau pemain-pemain di luar negeri yang memiliki garis keturunan dari Indonesia. Jika memang tidak memiliki keturunan, Shin Tae-yong tidak akan memanggil pemain tersebut.

Seperti diketahui, Shin Tae-yong sudah melakukan itu dalam dua TC yang dilakukannya. Mantan pelatih Korea Selatan itu sudah menanggul Elkan Baggott dan Jack Brown pada TC kali ini. Keduanya merupakan dua pemain keturunan Indonesia.

Baca Juga:

Timnas Indonesia U-19 Akan Lanjut TC ke Kroasia pada Akhir Agustus

PSSI Bantah Akan Naturalisasi Lima Pemain Asal Brasil untuk Timnas Indonesia U-19

"Saya sama sekali tidak memiliki pikiran ke arah sana. Saya hanya mencari pemain yang berdarah Indonesia karena itu sangat penting untuk perkembangan sepak bola di Indonesia agar level sepak bolanya lebih meningkat," kata Shin Tae-yong.

Pelatih yang pernah mengalahkan Jerman pada Piala Dunia 2018 di Rusia itu menambahkan setidaknya ia membutuhkan pemain-pemain keturunan dalam satu posisi. Saat ini ia baru mendapatkan pemain tersebut di posisi bek dan gelandang.

"Saya juga membutuhkan pemain-pemain tersebut karena kami akan bermain di Piala Dunia U-20. Saya juga mencari pemain itu untuk semua posisi baik itu penyerang, gelandang, bahkan pemain belakang. Kami akan terus memantau pemain-pemain itu sambil TC di luar negeri," pungkasnya.

Seperti diketahui, TC Timnas Indonesia U-19 ini dilakukan sebagai persiapan untuk mengikuti Piala Asia U-19 2020 yang akan berlangsung 14 hingga 31 Oktober mendatang di Uzbekistan. Garuda Muda berada di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran.

Rencananya, Andre Oktaviansyah dan kawan-kawan melakukan TC di Kroasia pada akhir Agustus ini. Nantinya, Timnas Indonesia U-19 berada tiga pekan di sana dengan mengikuti turnamen pada awal September mendatang.

Timnas indonesia u-20 Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong Piala dunia u-20 Breaking News
Posts

4.871

Bagikan