Shin Tae-yong Ungkap Kunci Kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Myanmar

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 15 Mei 2022
Shin Tae-yong Ungkap Kunci Kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Myanmar
Skuat Timnas Indonesia U-23 dalam laga kontra Myanmar. (NOC Indonesia/MP Media/Rizki Fitrianto)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-23 tampil perkasa saat menantang Myanmar U-23 pada laga terakhir Grup A SEA Games 2021. Sang pelatih, Shin Tae-yong mengungkapkan rahasianya.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Viet Tri, Minggu (15/5), Timnas U-23 menaklukkan Myanmar U-23 dengan skor 3-1. Tiga gol kemenangan Garuda Muda dicetak oleh Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Marselino Ferdinan.

Menariknya, ketiga gol tersebut tercipta pada babak pertama. Hal ini menjadi bukti ampuhnya strategi yang diterapkan Shin Tae-yong.

Baca Juga:

SEA Games 2021: Kalahkan Myanmar 3-1, Timnas Indonesia U-23 ke Semifinal

SEA Games 2021: Masniari Wolf Tambah Perolehan Medali Emas Indonesia

Pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu mengakui menyiapkan taktik khusus untuk melawan Myanmar. Hal itu ia lakukan usai menganalisis kekuatan sang lawan saat menantang Vietnam U-23, dua hari lalu.

"Memang taktik lawan Filipina dan Myanmar berbeda. Myanmar baik dalam organisasi permainan, tetapi saya menerapkan taktik pressing yang baik," kata Shin Tae-yong usai laga.

"Taktik itu berjalan dengan baik sehingga kami mendapatkan kemenangan. Strategi yang saya terapkan itu tergantung lawan yang dihadapi."

Selain taktik, Shin Tae-yong juga sangat memperhatikan psikologis para pemain. Ia tak mau anak-anak asuhnya hanya terpaku untuk mengincar hasil imbang.

"Memang hari ini kami hanya butuh hasil seri lawan Myanmar untuk lolos sebagai peringkat kedua. Namun saya tegaskan kepada para pemain, pertandingan seperti ini malah akan sulit bagi kami," tambahnya.

"Saya minta para pemain untuk lebih bekerja keras. Para pemain pun mengikuti instruksi dengan baik dan layak mendapat pujian."

Kemenangan atas Myanmar memastikan langkah Timnas U-23 ke semifinal. Status juara grup atau runner up akan ditentukan dari hasil laga Vietnam U-23 kontra Timor Leste U-23 yang sedang berlangsung.

Laporan Langsung Taufik Hidayat dari Vietnam

Shin Tae-yong Timnas indonesia u-23 SEA Games 2021 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan