Siapa Berani Jadi Pengganti Suzuki?

Andhika PutraAndhika Putra - Senin, 13 Juni 2022
Siapa Berani Jadi Pengganti Suzuki?

BolaSkor.com - Keputusan Suzuki untuk hengkang di akhir musim 2022 meninggalkan slot kosong. Hingga kini belum ada pengumuman jelas mengenai tim yang akan menggantikan Suzuki di MotoGP.

Sebelumnya CEO Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta, sempat mengatakan bahwa beberapa tim pabrikan dan satelit tertarik untuk mengisi slot yang ditinggalkan Suzuki. Dari sekian nama tim, terdapat dua kandidat kuat yang diyakini datang menggantikan, yakni GasGas dan Leopard Racing.

Dalam skemanya, GasGas akan turun menjadi tim satelit KTM, sementara Leopard Racing akan berada di bawah bendera Aprilia. Namun melihat kondisi KTM yang belum kompetitif, kecil kemungkinan pabrikan asal Austria itu akan membentuk tim satelit.

Sementara untuk Aprilia saat ini sudah menggandeng RNF. Tim yang dinahkhodai Razlan Razali tersebut resmi keluar dari Yamaha dan memilih bergabung dengan Aprilia di musim 2023.

Tidak hanya dua tim tersebut, dikabarkan Manager Kawasaki Racing Team, Guim Roda tertarik untuk mengisi slot tersebut. Namun bukan sebagai perwakilan dari Kawasaki, tetapi membawa nama sendiri untuk menjadi tim satelit dari pabrikan yang ada di MotoGP.

Baca Juga:

Fabio Quartararo Selalu Berhasil Membuat Decak Kagum

Verstappen dan Marquez Bagai Pinang Dibelah Dua

Namun Dorna tampaknya kurang berminat untuk merekrut tim satelit. Pasalnya Dorna dengan tegas sempat menyinggung tidak akan memberikan slot Suzuki kepada tim Moto2 dan WSBK.

Bahkan berdasarkan informasi dari speedweek.com, Carmelo mengaku kemungkinan besar tim pabrikan terkenal akan bergabung di MotoGP di dua hingga tiga musim ke depan.

“Jawabannya ya. Tentu saja saya tidak bisa menyebutkan ya. Namu. Pabrikan jika tim pabrikan menunjukkan ketertarikannya di MotoGP dan memutuskan untuk berpartisipasi dan berinvestasi dalam jangka waktu yang panjang, kita selalu terbuka untuk diskusi,” kata Carmelo.

Berkaca dari hal tersebut, hanya ada satu nama yang berpotensi untuk masuk menggantikan Suzuki. Pabrikan tersebut adalah BMW. Memang sebelumnya, Managing Director BMW Motorrad, dr Markus Schramm menolak tegas partisipasi BMW di ajang balap motor kasta tertinggi ini. Markus berdalih BMW tidak akan mendapat keuntungan apapun dengan mengikuti MotoGP.

Kendati demikian, bukan berarti peluang BMW untuk bergabung dengan MotoGP tertutup rapat. Dikabarkan beberapa orang penting di BMW seperti Karlheinz Kalbfell,Dr Herbert Diess, dan Hendrik Von Kuenheim sempat memberikan pernyataan ingin bergabung dengan MotoGP, hanya saja kerap mendapat penolakan

Penulis: Bintang Rahmat

Breaking News Motogp Motogp 2022 Suzuki
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.247

Bagikan