BolaSkor.com - Saga transfer Thibaut Courtois akhirnya berakhir. Chelsea memutuskan untuk melepas kiper Belgia itu ke Real Madrid setelah sebelumnya berupaya menahannya.

Keputusan Chelsea melepas Courtois tidak lepas dari keberhasilan mereka menggaet kiper muda Athletic Bilbao, Kepa Arrizabalaga. Chelsea memang terkesan terdesak untuk mendapatkan pengganti setara. Hal ini bisa dilihat dari defisit yang harus ditelan dalam bisnis kiper ini.

Chelsea yang harus membayar 80 juta euro untuk memicu klausul pelepasan Kepa. Sedangkan untuk melepas Courtois, The Blues dikabarkan menerima 35 juta euro plus meminjamkan Mateo Kovacic ke Real Madrid.

Sebenarnya keputusan Chelsea memboyong Kepa terbilang mengejutkan. Pasalnya sebelumnya nama kiper berusia 23 tahun itu tidak pernah muncul. Yang acap disebut menjadi bidikan Chelsea sendiri adalah Jack Butland yang muncul setelah The Blues gagal menggaet Alisson Becker yang ditarik Liverpool.

(WhoScored)

Sebagai pengganti langsung Courtois, sangat wajar jika Kepa dibandingkan dengan pendahulunya yang sudah tujuh musim membela Chelsea. Lalu siapa yang lebih baik? Sudah tepatkan keputusan Chelsea mendatangkan Kepa untuk menggantikan Courtois?

Tidak mudah membandingkan Kepa dengan Courtois karena kedua kiper ini memiliki karakter berbeda. Kepa lebih mirip dengan kiper Manchester United yang juga dari Spanyol, David de Gea.

Kepa dikenal piawai dalam mematahkan sepakan dan memiliki agilitas tinggi, pun dengan tingkat reaksinya. Bisa disimpulkan, dalam mematahkan sepakan lawan, Kepa lebih unggul. Selain itu, dengan postur yang tidak sejangkung Courtois, Kepa memiliki kemampuan bergerak lebih baik.