Siapa Pimpin PSSI Setelah Joko Driyono Jadi Tersangka?

Muhammad AdiyaksaMuhammad Adiyaksa - Sabtu, 16 Februari 2019
Siapa Pimpin PSSI Setelah Joko Driyono Jadi Tersangka?
Joko Driyono.

BolaSkor.com - Pasca atribut tersangka Joko Driyono oleh Satgas Anti Mafia Bola, kini pucuk kepemimpinan PSSI akan lowong. Lalu, Siapakah yang berhak menggantikan posisinya?

Jokdri, karibnya disapa, telah dibalut status tersangka menyusul perusakan barang bukti ketika Satgas Anti Mafia Bola menggeledah bekas Kantor PT Liga Indonesia (LI), Setiabudi, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu. Penetapan tersangka Jokdri tersebar luas di berbagai media massa pada Jumat (15/2) malam WIB.

Pasal 40 ayat 6 Statuta PSSI berbunyi, 'Apabila Ketua Umum tidak ada atau berhalangan, maka Wakil Ketua Umum akan menggantikannya.' Merujuk bunyi aturan main tersebut, maka Iwan Budianto selaku Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI yang akan mengisi peran Jokdri.

Baca Juga:

Joko Driyono Tersangka, Ini Waktu Perkiraan Rapat Darurat Exco PSSI

Klarifikasi PSSI: Joko Driyono Bukan Tersangka Kasus Pengaturan Skor, hanya Melanggar Garis Polisi

Akan tetapi, siapa yang akan memimpin PSSI tidak dapat dispekulasikan, menurut anggota Komite Eksekutif (Exco), Yoyok Sukawi. Statuta PSSI, kata Yoyok, harus dipelajari lebih matang agar langkah yang diambil tidak salah di kemudian hari.

"Untuk status (Plt) Ketum di PSSI setelah ditetapkan sebagai tersangka, saya tidak bisa menjawab secara pribadi," ujar Yoyok kepada BolaSkor.com.

"Akan saya pelajari statuta (PSSI) lebih detail baru bisa menjawab. Lebih baik menunggu rilis dari Exco," terang Yoyok.

Yoyok pun akan mengadakan rapat darurat bersama anggota Exco lainnya dalam waktu dekat untuk membahas status tersangka Jokdri. Dari situ, kemudian lahir beberapa putusan terkait nasib PSSI yang terombang-ambing.

"Saya juga belum paham kalau di statuta jika sudah tersangka tetapi belum berkekuatan hukum tetap itu bagaimana. Saya belum bisa jawab sebelum emergency meeting," tutur Yoyok.

Joko driyono Pssi Yoyok sukawi Exco pssi
Posts

1.188

Bagikan