BolaSkor.com - 11 September 74 tahun silam menjadi momen penting dalam sejarah penyiaran di Indonesia. Kala itulah berdiri Radio Republik Indonesia (RRI). Hingga kini 11 September pun diperingati sebagai Hari Radio Nasional.

Radio Republik Indonesia bermula didirikan oleh para tokoh yang sebelumnya aktif mengoperasikan beberapa stasiun radio Jepang di enam kota. Dari rapat utusan enam radio di rumah Adang Kadarusman di Menteng Dalam, Jakarta diputuskan mendirikan Radio Republik Indonesia dengan memilih Abdulrahman Saleh sebagai pemimpin umum pertama.

Baca juga:

7 Produk La Masia Barcelona yang Tenar dengan Klub Lain

5 Pemain yang Gagal Berganti Klub pada Bursa Transfer Musim Panas 2019

Di awal berdiri RRI merupakan alat komunikasi kepada rakyat. Fungsi RRI di masa awal memang sangat penting. Bahkan kemerdekaan negeri ini tak akan pernah diketahui tanpa peran RRI.

Di kancah olahraga, memang belum diketahui secara pasti pertandingan nasional pertama disiarkan. Namun seperti dilansir Pandit Football, dari lembar sejarah yang ada terdapat dua catatan penting siaran radio laporan pandangan mata pertandingan Tim Nasional Indonesia.

Pertandingan pertama ketika Timnas Indonesia bertarung melawan Jepang di Asian Games 1954 di Manila, Filipina. Saat itu Tim Garuda dilatih oleh pelatih legendaris, Toni Pogacnik. Sedangkan pertandingan kedua adalah laga antara Indonesia melawan Uni Soviet pada ajang Olimpiade Melbourne 1956.

(arsenal.com)

Menilik catatan di atas, Indonesia terbilang terlambat sekitar 31 tahun dalam hal penyiaran olahraga lewat radio. Pasalnya siaran langsung olahraga sejatinya sudah terjadi pada 1923. Ya, adalah sebuah laga hoki es yang mendapat kehormatan sebagai pertandingan pertama yang disiarkan radio. Tepatnya pada 8 Februari 1923 ketika tim hoki Midland melawan North Toronto di Kanada.

Selang empat tahun kemudian, siaran radio mulai merambah sepak bola di Inggris. Klub asal London, Arsenal menjadi yang pertama mengudara. Dikutip dari laman resmi klub, laga Arsenal kontra Sheffield United di Stadion Highbury pada 22 Januari 1927 menjadi laga pertama yang disiarkan langsung lewat radio. Saat itu laga disiarkan oleh radio BBC.

Disiarkannya pertandingan di Highbury tersebut tak lepas dari besarnya keinginan BBC agar laga ini mengudara. Sebelumnya BBC sudah sukses menyiarkan langsung sebuah pertandingan rugby. Selain itu data yang menyebutkan 30 persen penduduk Inggris sudah memiliki radio menjadi alasan kuat buat BBC.

Menariknya, satu dekade setelah siaran langsung pertama radio, Arsenal menjadi klub pertama yang pertandingannya disiarkan televisi.