BolaSkor.com - Kredibilitas Borussia Dortmund dalam mempertahankan pemain bintangnya kembali diuji pada musim panas mendatang. Setelah sukses menjaga Jadon Sancho, Die Borussen kali ini harus berusaha keras melakukan hal yang sama kepada Erling Haaland.

Haaland memang akan menjadi salah satu komoditas terpanas pada bursa transfer mendatang. Sederet klub besar Eropa berniat membajaknya dari Signal Iduna Park.

Haaland tampaknya sudah tergoda untuk meninggalkan Dortmund. Agen pemain berkebangsaan Norwegia itu bahkan sudah berkomunikasi dengan sejumlah klub lain meski masih terikat kontrak jangka panjang.

Baca Juga:

Alasan Asisten Wasit Minta Tanda Tangan Erling Haaland

Ketika Sinar Erling Haaland Meredup di Hadapan Guardiola

Mengungkap Kebenaran Komisi Agen Transfer Haaland Mencapai Rp683 Miliar

Jadon Sancho dan Erling Haaland

Kondisi ini sangat mirip dengan yang dialami Sancho pada musim panas lalu. Ketika itu, pemain berkebangsaan Inggris tersebut berniat pergi ke Manchester United.

Sancho dan Manchester United bahkan dikabarkan sudah menjalin kesepakatan pribadi. Namun transfer ini tidak terwujud karena dihalangi oleh Dortmund.

Dortmund juga tidak berniat menjual Haaland pada akhir musim nanti. Namun mereka menunjukkan sikap yang berbeda ketimbang saat menghalangi kepergian Sancho.

Terkait Sancho, Dortmund sempat menetapkan batas waktu kepada Manchester United. Setelah tanggal yang ditetapkan sudah lewat, mereka menutup pintu negosiasi.

Hal ini sempat membuat Manchester United dan Sancho frustrasi. tawaran Setan Merah dengan harga tinggi diabaikan Dortmund hingga jendela transfer ditutup.

Cara ini tak berlaku untuk Haaland. Dortmund tidak menetapkan batas waktu kepada klub peminat untuk memberikan tawaran terbaik.

"Saya tidak melihat kebutuhan untuk menetapkan tenggat waktu (untuk transfer) saat ini. Dengan Erling Haaland, kami memiliki sikap yang jelas yang telah kami komunikasikan kepada pihak-pihak terkait," kata direktur olahraga Dortmund, Michael Zorc dilansir dari Goal.

“Kemarin saya bicara dengan Mino Raiola (agen Haaland) untuk menjelaskan niat kami. Tidak masalah bila Alfie (ayah Haaland) dan Mino ingin berjemur di Laut Mediterania."

Pernyataan terakhir Zorc merupakan sebuah sindiran kepada perwakilan Haaland yang bernegosiasi dengan klub lain. Namun ia memastikan Dortmund tidak mempermasalahkan hal itu.

"Saya santai karena saya tahu apa yang kita inginkan," tambahnya.

Peluang Haaland pindah

Sikap berbeda yang ditunjukkan Dortmund dalam menanggapi saga transfer Haaland dan Sancho tentu mengundang pertanyaan. Klub Jerman itu terkesan berada di posisi yang lemah untuk mempertahankan sang penyerang.

Namun sikap tersebut bisa dimaklumi jika melihat situasi terkini Dortmund. Tim asuhan Edin Terzic itu memang terancam gagal lolos ke Liga Champions musim depan karena terlempar dari empat besar klasemen sementara Bundesliga.

Andai kemungkinan terburuk itu terjadi, Dortmund tampaknya tak punya pilihan selain menjual Haaland. Mungkin ini juga berlaku untuk Sancho.