Sikap Menpora atas Penundaan Piala Dunia U-20

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Jumat, 25 Desember 2020
Sikap Menpora atas Penundaan Piala Dunia U-20
Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI, Komjen Pol Mochammad Iriawan. (PSSI)

BolaSkor.com - FIFA telah resmi mengumumkan perubahan jadwal Piala Dunia U-20 yang akan dilangsungkan di Indonesia. Sejatinya ajang dua tahunan tersebut digelar pada Mei 2021. Namun, karena penyebaran COVID-19 yang masih masif, membuat FIFA memilih menggelar Piala Dunia U-20 pada 2023.

Terkait dengan pengunduran jadwal tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang juga selaku ketua Indonesia FIFA U-20 World Cup Organizing Committee (INAFOC), angkat bicara. Amali mengaku sangat paham dengan keputusan yang dilakukan oleh FIFA.

"Pemerintah memahami sepenuhnya keputusan FIFA tersebut, dengan alasan adanya penyebaran pandemi COVID-19 yang masih berkembang hampir merata di seluruh penjuru dunia," kata Zainudin Amali ketika dihubungi BolaSkor.com, Jumat (25/12).

"Selain itu, pemerintah juga sangat menghormati FIFA karena sebelum keputusan tersebut diambil telah terlebih dahulu mempertimbangkan berbagai aspek."

Baca Juga:

PSSI Legawa Piala Dunia U-20 2021 Diundur

Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia Resmi Ditunda ke 2023

"Dan kami sangat mengapresiasi kesungguhan Pemerintah Indonesia bersama PSSI sebagai LOC yang telah melakukan berbagai langkah persiapan bagi suksesnya penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup 2021," ucapnya.

Untuk menentukan langkah berikutnya, Zainudin Amali akan mengadakan rapat dengan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) untuk membahas masalah ini. Rapat itu nantinya juga akan dihadiri beberapa pihak termasuk PSSI.

Zainudin Amali mengaku, banyak hal yang akan dibahas pada rapat tersebut, mulai dari renovasi stadion yang sudah berlangsung serta Timnas Indonesia U-19 yang tengah menjalani persiapan. Setelah itu, hasilnya akan langsung disampaikan kepada Presiden Joko Widodo.

"Beberapa hal penting yang akan dibahas antara lain, penjelasan lengkap tentang penundaan event tersebut, up date dan kelanjutan renovasi sejumlah stadion dan lapangan latihan serta update dan kelanjutan pembinaan Timnas yang sudah dipersiapkan."

"Tentu saja diperkirakan akan berubah (disesuaikan usia pada saat itu) karena event tersebut berlangsung di tahun 2023. Pada tahun yang sama , Indonesia juga akan menjadi tuan rumah (co-host) Piala Dunia FIBA tahun 2023," pungkas Amali.

INAFOC Fifa Pssi Menpora Zainudin Amali Timnas Indonesia U-19 Timnas indonesia u-20 Piala dunia u-20 Zainudin Amali Breaking News
Posts

4.871

Bagikan