BolaSkor.com - Sejumlah klub papan atas Eropa dikabarkan mulai berpikir untuk mengganti pelatih. Saat ini, ada sejumlah pelatih jempolan yang siap dipinang.

Bayern Munchen, Inter Milan, dan Juventus adalah beberapa tim besar Eropa yang dikabarkan melirik pelatih anyar. Dengan musim yang sedang berjalan, apalagi masih masuk putaran awal, cukup sulit mencari pelatih hebat. Sebagian besar di antaranya telah terikat kontrak dengan tim.

Namun, ada beberapa nama pelatih jago yang sedang tidak menukangi tim. Dengan begitu, klub peminat tidak perlu memikirkan biaya tebus.

Berikut ini adalah lima pelatih jempolan yang sedang menganggur:

Jorge Sampaoli

Jorge Sampaoli memiliki petualangan cukup panjang sebagai pelatih sejak karier manajerial pertama kali bersama FC Rosario pada 1997. Saat ini, pelatih yang pernah menukangi Argentina dan Chile itu sedang menganggur.

Pada Februari 2021, Sampaoli menjadi pelatih kepala Olympique Marseille dan membawa mereka finis pada peringkat kelima Ligue 1 2020-2021. Bahkan, pada musim lalu Sampaoli melampaui ekspektasi dengan memimpin Marseille hingga duduk pada peringkat kedua klasemen akhir.

Namun, Sampaoli memilih hengkang. Kabarnya, dukungan bursa transfer yang tidak sesuai jadi penyebabnya. Walhasil, pelatih 62 tahun itu saat ini sedang menganggur.

Sampaoli diyakini siap kembali menukangi tim dalam waktu dekat. Pelatih asal Argentina itu menawarkan pengelolaan tim yang didasari pengalaman bertahun-tahun. Adapun, taktik yang dikembangkannya dikenal dengan intensitas tinggi.

Marcelo Bielsa

Marcelo Bielsa melakukan pekerjaan luar biasa bersama Leeds United sebelum didepak pada pertengahan musim lalu. Saat ini, ia merupakan satu di antara nama menarik di antara pelatih yang sedang tidak menukangi tim.

Seperti Sampaoli, pelatih 67 tahun itu punya pengalaman menukangi Argentina dan Chile. Selain itu, dia juga pernah memimpin sejumlah klub seperti Athletic Bilbao, Olympique Marseille, dan LOSC Lille.

Bielsa dikenal sebagai pelatih yang punya taktik menyerang. Ia menerapkannya tidak hanya pada level senior, tetapi juga ke akademi. Satu di antara prestasi terbaiknya adalah membawa Leeds promosi ke Premier League pada 2020 dan bercokol pada posisi kesembilan pada musim berikutnya.

Mauricio Pochettino

Belakangan ini, nama Mauricio Pochettino sering kali terdengar setiap ada klub besar yang mencari pelatih anyar. Tentunya, hal tersebut membuktikan jika Pochettino adalah satu di antara pelatih pengangguran yang paling dicari.

Meski baru menginjak usia 50 tahun, tetapi Mauricio Pochettino memiliki segudang pengalaman menukangi klub Eropa. Espanyol, Southampton, Tottenham Hotspur, dan Paris Saint-Germain adalah tim yang pernah ditukanginya.

Tottenham menjadi tim yang paling erat bagi Pochettino. Ia membangun The Lilywhites menjadi satu di antara kuda hitam baik di Inggris atau Eropa. Apa yang dilakukan Pochettino terbilang gemilang karena anggaran Tottenham relatif lebih kecil dari raksasa lain di Eropa.

Satu di antara bukti kehebatan Pochettino adalah membawa Tottenham ke final Liga Champions 2019-2020. Meskipun, Harry Kane dan kawan-kawan gagal menjadi pemenang saat itu.

Thomas Tuchel

Thomas Tuchel terkena imbas revolusi Chelsea yang dilakukan sang pemilik anyar, Todd Boehly. Setelah serangkaian hasil negatif dan juga masalah internal, akhirnya Tuchel didepak dari posisi kursi pelatih utama.

Padahal, apa yang dilakukan Tuchel di Chelsea tidak bisa dipandang sebelah mata. Juru taktik 49 tahun itu membawa The Blues juara Liga Champions.

Menurut laporan yang beredar belakangan ini, Tuchel mulai dikaitkan dengan sejumlah tim seperti Bayern Munchen dan Juventus. Kabar baiknya, eks pelatih FSV Mainz, Borussia Dortmund, dan Paris Saint-Germain tersebut tidak ingin menganggur terlalu lama.

Menarik ditunggu ke mana Tuchel akan berlabuh. Satu yang terlihat, Tuchel akan laris manis di bursa pelatih.

Zinedine Zidane

Zinedine Zidane memiliki karier yang luar biasa bersama Real Madrid. Dipomosikan dari Castilla, pelatih asal Prancis itu membawa Los Blancos ke puncak prestasi.

Selama menukangi El Real, Zidane meraih sembilan trofi. Prestasi tersebut termasuk tiga gelar Liga Champions beruntun.

Kabar dari Inggris mengatakan, Zidane saat ini sedang menunggu posisi pelatih timnas Prancis. Jabatan baru akan kosong diprakirakan usai Piala Dunia 2022 Qatar.

Keahlian Zidane adalah manajemen pemain yang baik. Ia juga punya banyak resep untuk meraih gelar. Tidak heran, Zidane semakin menarik di mata banyak klub.