BolaSkor.com - Ketua National Olympic Committee (NOC), Raja Sapta Oktohari, menyambut kepulangan para atlet yang berlaga di SEA Games 2021 Vietnam, di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Senin (23/5). Okto semringah melihat kalungan medali yang tersemat pada leher para atlet Indonesia.

Indonesia mengakhiri perjuangan di SEA Games 2021 dengan menempati posisi ketiga klasemen akhir. Tim Indonesia menuai 69 emas, 92 perak, dan 80 perunggu. Sementara itu, Vietnam menjadi tim terbaik dengan catatan 206 emas, 124 perak, dan 113 perunggu.

Okto merasa bangga dengan capaian yang diraih pada SEA Games kali ini. Apalagi, ia berkesempatan menyambut tim menembak dan rowing yang banyak menghasilkan medali untuk Indonesia.

Baca Juga:

Shin Tae-yong Ingin Ronaldo dan Marselino Segera Main di Luar Negeri

Kalahkan Malaysia Lewat Adu Penalti, Timnas Indonesia U-23 Raih Medali Perunggu

"Saya atas nama pribadi atau NOC saya berterima kasih atas perjuangan sehingga berhasil mengumandangkan lagu Indonesia Raya dan mengibarkan bendera Merah Putih di Vietnam," jelas Okto.

"Hari pertama setelah pembukaan, saya langsung menuju ke satu di antara pabrik emas terbanyak Indonesia di SEA Games. Kita semua bangga atas prestasi yang ditorehkan."

"Kita semua bangga akhirnya bisa mencapai apa yang diamanahkan Presiden Indonesia yakni peringkat tiga SEA Games 31 Vietnam. Ini semua tidak terlepas dari bantuan dan dukungan semua pihak," sambungnya.

"Di Vietnam ini ada dua pabrik emas yaitu rowing dan menembak. Jadi, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak. Untuk rekan-rekan pada beberapa bulan ke depan kita akan menghadapi banyak event. Kita harus bisa meningkatkan jumlah partisipasi atlet kita di Olimpiade Paris 2024," papar Okto.

Ketua National Olympic Committee (NOC), Raja Sapta Oktohari, menyambut kepulangan para atlet dari SEA Games 2021 (BolaSkor/Johan Kristiandi)

Okto juga mengapresiasi perjuangan para atlet yang mendulang lebih dari satu medali. Ia menilai, capaian tersebut membuat masyarakat Indonesia bahagia.

"Hari ini mata saya cukup silau dengan kilauan cahaya dari medali yang ada di leher. Sekaligus, telinga saya senang mendengar gemericik dari medali yang lebih dari satu. Selain silau, kebisingan ternyata juga membahagiakan 270 juta masyarakat Indonesia.

Menembak dan rowing memang menjadi satu di antara produsen medali emas untuk Indonesia. Kedua cabang itu masing-masing menghasilkan delapan medali emas. Kano tidak kalah gemilang dengan enam medali emas yang diraih.