BolaSkor.com – "Saya pikir di antara Chelsea dan Liverpool, mereka sangat kuat. Begitu juga Arsenal, bahkan Tottenham (Hotspur). Mereka adalah kandidat.”

Komentar di atas diucapkan Bernardo Silva, gelandang serang Manchester City, sebelum memainkan Derby Manchester dalam menjawab pertanyaan klub-klub mana saja yang merebutkan titel Premier League. Silva sama sekali tidak menyebutkan Man United, yang kemudian direvisinya menjelang hari pertandingan Derby Manchester.

"Well, berapa jarak poin di antara kami dan mereka?" ucap Silva kepada The Times. "Yang saya maksud adalah, jarak sembilan poin (sebelum Derby Manchester) tersebut akan membuat mereka lebih sulit bersaing memperebutkan gelar ketimbang kami, Liverpool, Chelsea, Tottenham, atau Arsenal."

"Jadi, itulah poin utama dari pernyataan saya. Bukan karena United adalah tim yang jelek atau tim yang bukan pesaing juara," tegasnya.

Silva merevisi ucapannya. Tapi, apa yang diucapkannya tidak sepenuhnya salah. Man United memang tidak pantas disebut petarung titel Premier League musim ini, khususnya setelah kekalahan telak 1-3 dari Man City di pekan 12 yang baru ini berlangsung di Etihad Stadium.

Dalam pertandingan itu, Man City atas segala keindahan bermain mereka, sepenuhnya layak memenangi laga dengan penguasaan bola 65 berbanding 35 persen, 17 kali melepaskan tendangan (lima tepat sasaran) dibanding enam tendangan United (hanya satu tepat sasaran). Jumlah operan Man United bahkan hanya setengah dari Man City; 380 operan berbanding 704.

Jadi, cukup gila jika ada yang mengatakan Man United layak meraih kemenangan atau hasil imbang dari pertandingan tersebut. Gary Neville, legenda United yang selalu mendukung Jose Mourinho, jarang mengkritisi mantang klubnya, sampai frustrasi mengakuinya.

“Menyedihkan untuk mengatakannya, tapi kami tak seharusnya membandingkan Man United dengan Man City. Ada perbedaan besar dari kelas bermain saat ini. 12 poin di tahapan ini tidak salah,” ucap Neville.

“City bukan masalah United saat ini, ini tentang bagaimana cara mereka mendekatkan diri dengan tim-tim lainnya. City sekarang ini ada di level yang berbeda.”

Neville melanjutkan komentar dari tandemnya sebagai pemerhati sepak bola Inggris, Graeme Souness. Pandangannya pun sama: Man United benar-benar tampil memalukan.

“Pikirkan apa yang diberikan United hari ini dari sisi ofensif: tidak ada, nol, hampa. Apa yang mereka berikan? Sangat mengecewakan dan jika Anda suporter, maka laga tadi pastilah sangat sulit disaksikan,” tambah Souness.