BolaSkor.com - Valentino Rossi merupakan salah satu pembalap MotoGP yang memiliki banyak ritual khusus sebelum balapan. Usut punya usut ia ternyata sangat percaya takhayul.

Ritual pertama, pada hari perlombaan, ia selalu menyaksikan start lomba kelas Moto3. Tujuannya ia ingin melihat durasi lampu start tanda dimulainya lomba.

Ritual kedua merupakan yang paling ikonik. Setiap kali hendak mengikuti sesi latihan bebas, kualifikasi maupun lomba, Rossi selalu berhenti dua meter dari motornya.

Kemudian ia membungkuk dan mengambil sepatu balapnya. Lalu ketika sampai ke motornya, ia jongkok dan memegang sisi kanan foot-peg (dudukan kaki pada motor).

"Itu merupakan sebuah momen untuk benar-benar fokus dan berbicara dengan motor saya, seperti ketika berpindah dari satu tempat ke tempat lain," Rossi menuturkan dalam sebuah wawancara.

Ritual ketiga, jika Anda penggemar MotoGP dan melihat Rossi ketika hendak keluar dari area pit, maka ia selalu berdiri tegak di atas motor dengan gerakan seakan membenarkan baju balapnya.

Tiga ritual di atas bisa disaksikan oleh banyak penggemar MotoGP. Namun ternyata ada ritual unik lain yang mungkin belum diketahui banyak orang.

Dalam sebuah wawancara bersama situs MotoGP.com, Rossi selalu menempatkan satu sepatu sebelum menggunakan sepatu satunya lagi. Hal sama berlaku ketika ia memakai sarung tangan balap.

Kemudian ia juga selalu naik dan turun dari motor dengan cara yang sama. Untuk turun dari motor, Rossi wajib mengayunkan kaki kanannya ke bagian depan motor.*

Baca Berita Selengkapnya soal MotoGP Lainnya di KabarOto.com