Simon McMenemy Ajak PSSI dan LIB Duduk Bersama untuk Perbaiki Timnas Indonesia

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 15 Oktober 2019
Simon McMenemy Ajak PSSI dan LIB Duduk Bersama untuk Perbaiki Timnas Indonesia
Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, selalu mengeluhkan para pemainnya merasa lelah dalam tiga laga terakhir Skuat Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023.

Pelatih asal Skotlandia itu pun menyebut kelelahan menjadi salah satu penyebab Timnas Indonesia kalah tiga kali beruntun. Skuat Gardua kalah dari Malaysia (2-3), Thailand (0-3), dan Uni Emirat Arab (UEA) (0-5) di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023.

Hal ini memang bukan tanpa alasan. Ada pemain yang membela klubnya dahulu baru gabung Timnas Indonesia di detik-detik akhir persiapan pertandingan. Ada pula pemain yang dipakai klubnya di tiga laga dalam kurun waktu satu minggu.

Ditambah lagi nantinya Simon McMenemy hanya diperbolehkan mengambil dua pemain dari satu klub Liga 1 2019. Banyaknya jadwal tunda (7 laga) membuat operator PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggelar laga di FIFA Matchday November mendatang. Ini untuk mengejar pendaftaran perwakilan Indonesia di kompetisi Asia.

Baca Juga:

Prediksi Timnas Indonesia Vs Vietnam: Debut Dutra dan Skuat Garuda Berharap Tuah Bali

Jadwal Siaran Langsung Kualifikasi Piala Dunia 2022: Timnas Indonesia Vs Vietnam

"Kenapa selalu terjadi rotasi dalam tiga pertandingan? Karena pemain terlalu capek dari liga. Setiap tiga hari sekali ada pertandingan, pemain jadi capek. Ketika pemain capek, ada yang fresh di bench, ya kenapa yang fresh tidak saya maksimalkan? Pemain datang dari liga dengan masalah fisik, datang ke Timnas dapatkan waktu lebih untuk istirahat, namun nyatanya tentu berbeda, karena waktu masuk Timnas, standarnya jadi lebih tinggi," kata Simon McMenemy.

Untuk itu, Simon McMenemy mengajak PSSI dan PT LIB duduk bersama memperbaiki jadwal Liga 1, agar Timnas Indonesia tidak terganggu. Para pemain tidak lelah dan bisa maksimal tampil di Timnas Indonesia

"Kita tahu penjadwalan di Indonesia adalah masalah yang harus kita selesaikan. Kita tahu Piala Dunia adalah kompetisi tertinggi di dunia. Kita tidak bisa datang dengan kondisi fisik 60-70 persen,. Harus datang dengan 100 persen. Saya rasa kita harus duduk bersama untuk evaluasi ini agar tidak terjadi lagi. Untuk pembelajaran kompetisi selanjutnya, seperti Piala AFF (2020) dan lain-lain. Solusi jadwal kompetisi harus lebih baik," ujarnya.

Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam, pada laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 di Stadion I Wayan Dipta Gianyar, Bali, Selasa (15/10).

Timnas Indonesia Simon mcmenemy Liga 1 Liga 1 2019 Pssi PT Liga Indonesia Baru
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan