Simon McMenemy Dapat Lisensi A AFC di Filipina

Muhammad AdiyaksaMuhammad Adiyaksa - Senin, 31 Desember 2018
Simon McMenemy Dapat Lisensi A AFC di Filipina
Simon McMenemy. (Instagram Bhayangkara FC).

BolaSkor.com - Berbagai pihak mengomentari pernyataan Peter Butler yang menyebut pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, tidak punya lisensi UEFA Pro. Kali ini datang dari Manajer Bhayangkara FC, AKBP Sumardji.

Sumardji membenarkan Simon tidak mengantongi lisensi UEFA Pro. Tapi, mantan pelatih Bhayangkara FC ini punya sertifikat A AFC, sebagai batas minimal lisensi pelatih di Liga 1 dan tim nasional regional Asia.

Sumardji mengatakan, Simon mendapatkan lisensi A AFC ketika mengikuti kursus kepelatihan di Filipina. Arsitek asal Skotlandia pernah melatih Timnas Filipina pada 2010 lalu.

"Simon terdaftar sebagai pelatih Bhayangkara FC dengan Lisensi A AFC yang dia dapat saat kursus pelatih di Filipina," ujar Sumardji ketika dihubungi wartawan.

Baca Juga:

Peter Butler: Beberapa Pelatih Kecewa Simon McMenemy Tidak Punya Lisensi UEFA Pro

PSSI Benarkan Simon McMenemy Tak Punya Lisensi UEFA Pro

"Kami daftarkan di PSSI dan PT LIB. Itu sudah melalui verifikasi operator liga. Kalau tidak, tentu dari awal dia tidak bisa melatih di Bhayangkara FC atau Timnas Indonesia. Sebelum di Bhayangkara, Simon kan sudah melatih di Mitra Kukar dan Pelita Bandung Raya," kata Sumardji menambahkan.

Sebelumnya, lisensi Simon dapat sorotan dari Butler. Pelatih asal Inggris tersebut menyebut seharusnya pelatih tim nasional punya lisensi tertinggi di bidangnya.

Adapun, lisensi kepelatihan tertinggi di Asia adalah AFC Pro dan di Eropa yakni UEFA Pro. Simon butuh mengikuti kursus lagi untuk mengantongi sertifikat itu.

Simon mcmenemy Timnas Indonesia Peter Butler Bhayangkara FC AKBP Sumardji
Posts

1.188

Bagikan