BolaSkor.com - Mantan pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, menyebut bahwa Park Hang-seo menerima keberuntungan, yang akhirnya berujung prestasi bersama Timnas Vietnam. Pembinaan yang terorganisir dijelaskannya menjadi sumber utama bagi Park Hang-seo membentuk tim yang bagus.

Simon McMenemy merasa dirinya tak seberuntung Park Hang-seo. Apalagi, pelatih asal Korea Selatan itu mendapat dukungan besar saat menangani Golden Stars.

"Saya pikir Park Hang-seo beruntung karena mewarisi sistem terorganisir dan pemain muda yang baik, dengan dukungan Direktur Teknis. Ia beruntung memiliki banyak pemain bagus dan hasil menunjukan bahwa ia melakukan dengan baik," kata Simon McMenemy dikutip dari Dantri.

Baca Juga:

Luis Milla Beberkan Kelebihan Pesepak Bola Indonesia

Eks Timnas Sebut Evan Dimas dan Zulfiandi Gelandang Terbaik Indonesia Saat Ini

Simon McMenemy turut menjelaskan bahwa pernah bertemu dengan mantan Direktur Teknis Vietnam, Jurgen Gede. "Kami banyak sharing. Saya bertanya bagaimana mengembangkan tim nasional yang kuat, sementara kualitas V-League lebih rendah dari Indonesia."

Simon McMenemy sebelumnya menerima pil pahit menjadi pelatih Timnas Indonesia. Itu buntut empat kekalahan beruntun di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022, yang mengakibatkan dirinya ditumbangkan dari kursi pelatih.

Simon McMenemy turut mengingatkan PSSI untuk melirik pengelolaan sepak bola Vietnam, terutama investasi pemain muda.

"Saya suka cara orang Vietnam terhadap sepak bola. Mereka tidak menyombongkan diri bahwa sepak bola Vietnam itu hebat atau turnamen bagus atau apapun. Mereka lebih realistis. Mereka mengirim pemain ke luar negeri untuk berlatih dan bersaing. Jika Indonesia membawa pemain muda untuk mengecap pengalaman di luar negeri, tim nasional juga lebih kuat. Tetapi federasi tidak melakukannya," tambah Simon McMenemy.