Simpang Siur Sudjarno Jadi Plt Dirut LIB, Klub Minta Pertanggungjawaban

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Kamis, 28 Mei 2020
Simpang Siur Sudjarno Jadi Plt Dirut LIB, Klub Minta Pertanggungjawaban
PT Liga Indonesia Baru. (BolaSkor.com/Grafis)

BolaSkor.com - PT Liga Indonesia baru (LIB) kembali menjadi sorotan. Kali ini, soal penunjukan Sudjarno sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT LIB. Sudjarno sebelumnya menjabat Direktur Operasional PT LIB.

Kursi Dirut PT LIB saat ini memang masih kosong setelah mundurnya Cucu Somantri pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa yang dilakukan oleh PT LIB pada 18 Mei 2020 lalu. Sudjarno menjadi Plt Dirut PT LIB baru diketahui dalam rilis PSSI, usai rapat virtual bersama 18 klub Liga 1 2020.

Plt Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi mengaku bahwa penunjukan Sudjarno sebagai Plt Dirut PT LIB dilakukan oleh para Komisaris PT LIB.

”Untuk masalah ini, tanya ke komisaris. Karena komisaris PT LIB yang tunjuk," kata Yunus Nusi kepada BolaSkor.com.

Baca Juga:

Alasan Persiraja Ingin Liga 1 2020 Dilanjutkan dengan Protokol Kesehatan

Ogah Main jika Liga 1 2020 Dilanjutkan, Madura United Ungkap Alasan Pilih Opsi Setop

Namun anehnya, penunjukan Sudjarno sebagai Plt Dirut PT LIB ini belum diketahui oleh tim di Liga 1 yang merupakan pemegang saham PT LIB. Beberapa tim mengaku bahwa mereka hanya tahu kalau penunjukan pengganti Dirut PT LIB akan dilakukan pada RUPS Luar Biasa selanjutnya.

Jika mengacu pada Pasal 94 ayat (1) UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (“UUPT”), telah menentukan bahwa anggota Direksi diangkat oleh Rapat Umum Pemegang Saham (“RUPS”). Komisaris tak berhak menentukan orang sebagai direksi sementara dalam menjalankan tugas perusahaan. Hal-hal mengenai pengangkatan, penggantian dan pemberhentian anggota Direksi ini selanjutnya diatur dalam Anggaran Dasar (“AD”).

"Dirut itu nanti akan ditentukan saat RUPS, mungkin awal Juni nanti baru dibahas. Pada saat pertemuan kemarin, tidak ada bahasan dia sebagai Plt Dirut ya. Dia sebagai operasional liga, saya juga baru tahu," kata manajer Persita Tangarang, I Nyoman Suryanthara kepada BolaSkor.com.

"Saya baru tahu dari wartawan malah soal Plt Dirut ini. Sebelumnya pada saat RUPS Luar Biasa kemarin sama sekali tidak ada pembahasan tentang Plt ini," kata Direktur Pengembangan Bisnis TIRA-Persikabo, Rhendie Arindra kepada BolaSkor.com.

PT LIB Pssi PT Liga Indonesia Baru Yunus Nusi Liga 1 Breaking News
Posts

4.871

Bagikan