BolaSkor.com - Empat kali merengkuh trofi Piala AFF. Timnas Singapura menjadi negara nomor dua terhebat di Asia Tenggara. Di bawah Thailand dengan lima gelar, Singapura meraihnya pada 1998, 2004, 2007, dan 2012.

Tidak salah, Singapura dinilai sebagai salah satu rival terberat Timnas Indonesia untuk membawa pulang trofi Piala AFF. Di bawah komando pelatih Fandi Ahmad, Singapura tidak terkalahkan dalam empat pertandingan teraktual. Hanya sekali meraih hasil seri, sisanya dibabat dengan kemenangan.

Timnas Indonesia tentu harus mewaspadai Singapura. Kebetulan, kedua negara tergabung dalam grup yang sama di Piala AFF 2018. Sama-sama menghuni Grup B, keduanya akan berjumpa di Stadion Nasional, Jumat (11/9).

Mantan pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2012, Nilmaizar menyebut, dua negara akan menjadi rival utama Hansamu Yama dan kawan-kawan di turnamen ini. Salah satunya adalah Singapura.

"Thailand dan Singapura (akan jadi lawan terberat Timnas Indonesia)," ujar Nilmaizar ketika dihubungi wartawan.

Nil percaya taktik pelatih Bima Sakti dapat membawa Timnas Indonesia berjaya. Minimal, kata pelatih PS Tira ini, Timnas Indonesia dapat melaju hingga babak semifinal.

"Semoga sampai semifinal kita doakan. Kita harus yakin (pelatih) Bima Sakti bisa mengeluarkan kemampuannya sehingga bisa membawa Timnas Indonesia melangkah lebih jauh lagi," kata Nil.