BolaSkor.com - Senin (01/3) pagi waktu setempat polisi mendatangi Camp Nou, stadion Barcelona. Polisi meminta para petugas untuk meninggalkan ruang kerjanya untuk sementara waktu selagi melakukan penyelidikan dengan membawa surat izin.

Penangkapan ini dilakukan untuk penyidikan kasus yang dikenal dengan Barcagate. Pada Februari 2020 Cadena Serr, radio Spanyol melaporkan Barcelona menyewati perusahaan bernama I3 Ventures untuk menyebar pemberitaan negatif mengenai beberapa pemain penting (senior) klub.

Baca Juga:

Camp Nou Disambangi Polisi, Eks Presiden Barcelona Ditangkap

Kejutan, Laporta Ingin Tunjuk Arteta Tukangi Barcelona

Antoine Griezmann Semakin Tak Dibutuhkan Barcelona

I3 Ventures disinyalir melakukannya kepada mereka yang diduga menjadi 'lawan' atau tak sepaham dengan Bartomeu. Lionel Messi beserta istrinya (Antonela), Gerard Pique, Pep Guardiola, Xavi Hernandes, Carles Puyol, dan Joan Laporta (eks Presiden Barca) jadi target.

Kepolisian Catalunya khusus dalam menangani masalah ekonomi setempat melanjutkan penyelidikan yang telah dimulai 2020 lalu.

Beikut empat tokoh klub Barcelona yang ditangkap oleh polisi:

1. Josep Maria Bartomeu

Bartomeu ditangkap karena dia adalah presiden Barcelona ketika kejahatan ini diduga dilakukan. Dia selalu mengatakan I3 ventures hanya disewa untuk memantau tren media sosial dan membela klub di situs web tersebut.

Namun, salah satu alasan dia dipaksa untuk mengundurkan diri dari posnya adalah karena reputasinya tercemar akibat skandal Barcagate.

Suporter sama sekali tidak percaya alasannya dan ini adalah salah satu katalis dari mosi tidak percaya seandainya dia tidak mengundurkan diri.


2.Oscar Grau

Grau adalah CEO Barcelona saat ini dan telah menduduki posisi tersebut selama beberapa tahun. Dia adalah manajer keuangan, jadi dia mengetahui pembayaran yang dilakukan.

Beberapa pengurus klub lainnya disebut tidak mengetahui adanya pembayaran ini. Pasalnya jumlah yang dikelurkan memang di bawah dari angka yang membutuhkan persetujuan dewan.

Anggota dewan klub lainnya tidak menyadari bahwa ada perusahaan yang digunakan untuk mendiskreditkan tokoh-tokoh terkenal Barcelona. Grau adalah yang paling dipercaya oleh Bartomeu.


3. Jaume Masferrer

Masferrer adalah kepala staf dan orang kepercayaan Bartomeu. Hubungan mereka sudah berjalan lama. Masferrer juga merupakan penasihat mantan presiden Barca lainnya seperti Sandro Rosell.

Masferrer adalah manajer kampanye Bartomeu ketika mencalonkan diri sebagai presiden. Dia dianggap dalang di balik skandal Barcagate karena dia adalah orang yang diduga menghubungi perusahaan dan merancang skema pembayaran yang memastikan dewan tidak tahu apa-apa.


4. Roman Gomez Ponti

Sejak Bartomeu mengambil alih kursi kepresidenan, Gomez Ponti telah menjadi kepala departemen hukum klub. Dari posisi itu dia diberi tahu tentang kasus ini oleh dewan klub dan dia seharusnya tahu bagaimana kontrak dengan perusahaan lain dibuat.