BolaSkor.com - Rusia dihukum tidak boleh ambil bagian dari ajang olahraga besar dunia, termasuk Olimpiade Tokyo 2020 dan Piala Dunia 2022 di Qatar. Hukuman dijatuhkan oleh Badan Anti Doping Dunia (Wada) terkait manipulasi data.

Meski disebut tidak boleh mengikuti semua ajang olahraga besar dunia, Rusia masih diperbolehkan tampil di Piala Eropa 2020 dan St Petersburg tetap menjadi salah satu kota penyelenggara putaran final.

Baca Juga:

Rusia Dilarang Ikut Olimpiade 2020 dan Piala Dunia 2022

Nostalgia - Lothar Matthaus, Kapten Timnas Jerman yang Bikin Diego Maradona Tak Berkutik

30 Tahun Runtuhnya Tembok Berlin: Susunan 11 Pemain Terbaik Kombinasi Jerman Timur dan Barat

Rusia masih bisa mengikuti Piala Eropa 2020, bahkan menjadi slah satu kota penyelenggara, karena UEFA disebut bukan sebagai organisasi olahraga utama menurut Standar Internasional untuk Kepatuhan Kode (ISCCS).

ISCCS mengatur tentang pelanggaran doping. Menurut ISCCS definisi Organisasi Olahraga Utama adalah asosiasi Komite Olimpiade Nasional (NOC) dan organisasi multisport internasional lainnya yang berfungsi sebagai badan yang berwenang untuk event internasional.

Itu berarti, karena UEFA adalah badan yang mengatur untuk olahraga tunggal, Piala Eropa 2020 tidak tercakup dalam sanksi yang dijatuhkan kepada Rusia.

Namun aturan itu tidak mencakup kejuaraan dunia olahraga tunggal. Karena itulah Rusia dilarang dari Piala Dunia 2022 yang diselenggarakan oleh FIFA.