BolaSkor.com - PSSI akhirnya sedikit memberikan titik terang terkait kelanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020. Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan punya opsi gelaran kompetisi, yang disajikan pada saat rapat virtual dengan perwakilan klub Liga 1 dan Liga 2.

Dalam usulannya, pria yang kerap disapa Iwan Bule ini ingin kompetisi dilanjutkan dengan beberapa catatan. Dari berbagai sumber yang ditelusuri oleh BolaSkor.com, PSSI menyampaikan lima opsi untuk masing masing liga.

Untuk Liga 1 sendiri, Liga akan gelar pada bulan September 2020. Selain itu, subsidi untuk klub peserti Liga 1 akan tambah. Sebelumnya, hanya mendapatkan Rp520 juta, jika nantinya kompetisi dilanjutkan klub akan mendapatkan Rp800 juta.

Baca Juga:

PSSI Akan Bahas Tiga Opsi Nasib Kompetisi bersama Klub Liga 1 dan Liga 2

Manajer Persita Benarkan Opsi Liga 1 Digelar September dan Kenaikan Subsidi Menjadi Rp800 Juta

Tidak hanya itu saja, PSSI juga menyarankan Liga 1 musim ini tidak ada tim yang akan didegradasi. PSSI pun berniat untuk memusatkan gelaran Liga 1 ini di Pulau Jawa, karena dinilai paling siap untuk menggelar kompetisi ini.

Satu hal yang paling penting dalam dilanjutnkannya kompetisi ini ialah PSSI sudah menyiapkan protokol yang sangat ketat untuk masalah kesehatan. Ini dilakukan untuk kebaikan bersama baik tim dan seluruh elemen yang berebedamn dalam pertandingan.

Sementara untuk Liga 2, rencananya pertandingan akan kembali digelar pada Oktober 2020. Sama halnya dengan Liga 1, subsidi unutk Liga 2 pun ditambah, yang tadinya hanya mendapatkan Rp100 juta perbulan, kini menjadi Rp200 juga.

Liga 2 pun tidak ada degradasi, namun mereka akan mendapatkan jatah dua tim untuk promosi di tahun berikutnya. Nantinya, kompetisi Liga 2 pun akan digelar home turnament dengan dibagi menjadi empat grup yang masing-masing diisi enam tim.

Liga 1:
1. Liga 1 dilanjutkan bulan September 2020
2. Subsidi Klub dinaikkan menjadi Rp800 juta per klub
3. Tidak ada Degradasi
4. Seluruh Pertandingan dipusatkan di Pulau Jawa
5. PSSI telah menyiapkan protokol kesehatan

Liga 2:
1. Kick-off mulai Oktober 2020
2. Subsidi Rp200 juta
3. Tanpa degradasi
4. Dua tim promosi (sebelumnya tiga)
5. Akan dibagi ke empat grup, tiap grup enam klub