Skenario Terburuk bagi Man City Terkait Hukuman UEFA

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Senin, 17 Februari 2020
Skenario Terburuk bagi Man City Terkait Hukuman UEFA
Pep Guardiola (Zimbio)

BolaSkor.com - Kabar Manchester City dihukum larangan tampil di kompetisi Eropa oleh UEFA menjadi topik utama di jagat sepak bola beberapa hari ini. Bagi City, mereka tentu harus bersiap dengan skenario terburuk yang bisa terjadi.

Pihak Manchester City sudah menyatakan akan mengajukan bading ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). Seperti diketahui, apapun bisa terjadi di CAS, City bisa saja lepas dari hukuman atau pengurangan hukuman, hingga banding ditolak.

Baca Juga:

Ketika Kesetiaan Penggawa Manchester City Diuji

Rui Pinto, Sosok di Balik Hukuman Manchester City

Terbukti Langgar Aturan FFP, UEFA Larang Man City Tampil di Kompetisi Eropa Selama 2 Musim Beruntun

Banding ditolak tentu menjadi kabar yang tidak diinginkan City. Pasalnya dampaknya akan sangat besar. Yang paling dekat adalah nasib para pemain bintang dan tentu saja sang manajer Pep Guardiola.

Akan menjadi petaka besar bagi Man City jika mereka ditinggal Guardiola dan pemain-pemain andalan seperti Kevin De Bruyne, Sergio Aguero, dan Raheem Sterling. Meski para pemain dikabarkan tidak peduli dengan hukuman yang didapat, kemungkinan mereka hengkang terbuka lebar jika banding City ke CAS ditolak.

Sehubungan dengan pengajuan banding, CAS sejatinya memiliki kewenangan terbatas. Dengan kata lain tidak semua kasus bisa diajukan ke CAS. Selain itu, sebagai anggota ECA (European Club Association) City sudah menandatangani kesepakatan dengan UEFA yang menyatakan mereka tidak akan pergi ke pengadilan internasional untuk menyelesaikan perselisihan.


Kerugian Finansial

Pakar keuangan sepak bola Kieran Maguire seperti dilansir Sky Sports memaparkan seberapa besar dampak ekonomi yang ditanggung City jika tidak tampil di kompetisi Eropa selama dua musim.

"Sulit menghitung secara persis, tapi kami melihat minimal sekitar 100 juta pounds per tahun. Itu berdasarkan dari uang siaran dan hadiah."

"Tapi kemudian masih ada faktor lain seperti perjanjian komersial yang tergantung pada apakah City tampil di Liga Champions atau tidak. Angkanya bisa mencapai 200 juta pounds."

Maguire juga menjelaskan mengapa City sangat berisiko ditinggalkan pemain bintang mereka. "Banyak dari mereka yang memiliki klausul terkait penampilan di Liga Champions, dari penampilan hingga bonus gol."

Selanjutnya, City juga harus tetap taat kepada aturan FFP. Dengan kata lain mereka tidak bisa lagi "bermain-main" dengan aturan ini. Artinya, ke depan City tidak bisa lagi dengan mudah meminta suntikan dana kepada pemilik klub.


Di Premier League

Selain hukuman dari UEFA, Manchester City juga kemungkinan akan mendapatkan sanksi domestik. Muncul kabar yang menyebut City bisa kehilangan gelar juara Premier League.

Hal itu terjadi jika penyelidikan terpisah yang dilakukan Premier League menetapkan bahwa City juga melanggar aturan keuangan. Untuk kasus ini City akan mendapatkan pengurangan poin pada musim tersebut yang artinya mereka akan kehilangan titel juara.

Selain pemotongan poin dan kehilangan titel juara, City juga bisa saja terdepak dari Premier League. Akan tetapi hal ini sepertinya tidak akan terjadi karena berbeda dengan Football League, Premier League tidak memiliki aturan turun kasta jika ada pelanggaran aturan keuangan.

Liga Champions Premier League Manchester City
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.107

Bagikan