BolaSkor.com - Timnas Indonesia akan menghadapi Nepal, pada laga ketiga atau pamungkas Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Selasa (14/6) waktu Kuwait atau Rabu (15/6) dini hari WIB.

Saat ini, Timnas Indonesia di posisi kedua klasemen sementara Grup A dengan raihan 3 poin dari 2 laga. Menang head to head atas Kuwait di posisi ketiga meski menang 4-1 atas Nepal, dengan poin sama.

Sedangkan Yordania nyaman di puncak klasemen dengan 6 poin dari 2 laga. Nepal sudah dipastikan tersingkir.

Baca Juga:

Jadwal Siaran Langsung Kualifikasi Piala Asia 2023 Hari Ini: Timnas Indonesia Vs Nepal

Klasemen Sementara Runner-up Terbaik Kualifikasi Piala Asia 2023: Indonesia Posisi Buncit

Skenario Pertama (Juara Grup)

Witan Sulaeman
Aksi Witan Sulaeman saat melawan Yordania. (PSSI)

Dilansir dari situs resmi AFC, Timnas Indonesia bisa lolos ke Piala Asia 2023 dengan status juara grup, jika meraih kemenangan melawan Nepal. Di sisi lain, Kuwait juga menang 1-0 melawan Yordania.

Dengan begitu, Indonesia, Yordania, dan Kuwait sama-sama mengoleksi enam poin. Klasemen mini dibuat, dengan poin dan gol melawan Nepal tak dihitung. Pasalnya, Nepal menjadi juru kunci.

Indonesia dan Kuwait mempunyai selisih gol 2-2. Hasil Indonesia 2-1 Kuwait, Indonesia 0-1 Yordania, dan Kuwait 1-0 Yordania. Namun, Indonesia memuncaki klasemen karena unggul head to head dari Kuwait.

Sedangkan Yordania di posisi ketiga dengan selisib gol 1-1.

Skenario Kedua (Runner-up Terbaik)

Timnas Indonesia
Selebrasi Rachmat Irianto. (PSSI)

Timnas Indonesia bisa lolos ke Piala Asia 2023 dengan status salah satu 5 runner-up terbaik dari 6 grup.

Timnas Indonesia harus menang lawan Nepal dengan margin banyak gol. Sambil berharap Kuwait kalah atau imbang melawan Yordania.

Skuat Garuda bakal menempati posisi kedua dengan 6 poin. Kuwait di posisi ketiga dengan 4 atau 3 poin. Yordania di posisi pertama dengan 9 atau 7 poin.

Kemenangan besar dengan selisih gol akan menentukan klasemen runner-up terbaik.

Saat ini, Timnas Indonesia di posisi keenam klasemen terbaik runner-up Kualifikasi Piala Asia 2023.

Posisi pertama di tempati Thailand dengan 6 poin dari 2 laga. Disusul Kyrgyzstan (6 poin), India (6 poin), Filipina (4 poin), dan Malaysia (3 poin).

Indonesia pun bisa menyodok ke lima besar klasemen runner-up terbaik. Apalagi, Thailand, Kyrgyzstan, India, dan Filipina akan menghapi para pemuncak klasemen atau lawan terkuat grupnya masing-masing, yakni Uzbekistan, Tajikistan, Hong Kong, dan Palestina.

Hanya Malaysia yang mendapat lawan mudah, yakni juru kunci Bangladesh. Di atas kertas, pesaing Indonesia bisa takluk, terutama Filipina, yang memungkinkan disingkirkan Indonesia.