BolaSkor.com - Duel dua tim besar yang dinahkodai juru taktik dari Jerman akan saling bertemu di final Piala FA 2021-2022. Liverpool akan melawan Chelsea di Wembley, Sabtu (14/05) pukul 22.45 WIB.

Bagi Liverpool Piala FA akan jadi motivasi untuk menjaga ambisi quadruple titel musim ini, sementara bagi Chelsea obat penghibur hati karena gagal bersaing merebutkan titel Premier League dan juga kalah di final Piala Liga lawan Liverpool.

Final Piala FA bukan hal "baru" bagi Chelsea yang sudah mencapainya dalam dua tahun terakhir, meski kalah dua kali beruntun dari Arsenal dan Leicester City. Sebaliknya bagi Liverpool itu kali pertama sejak 2012.

Uniknya, pada tahun itu juga Chelsea dan Liverpool bertemu di final dan Chelsea keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1, melalui gol Ramires dan Didier Drogba yang diperkecil gol Andy Carroll.

Baca Juga:

Posisi Thomas Tuchel di Chelsea Tidak Aman

Head to Head Jurgen Klopp vs Thomas Tuchel Jelang Final Piala FA

Pep Guardiola: Semua Orang dan Media di Inggris Dukung Liverpool Juara Premier League

Kala itu Liverpool dilatih oleh Kenny Dalglish dan turun dengan taktik 4-2-3-1. Siapa saja pemain-pemain dalam skuad itu dan nasib mereka saat ini? Berikut penjabaran dari BolaSkor:

1. Pepe Reina - Kiper

Saat ini masih aktif menjadi pemain pada usia 39 tahun dan memperkuat Lazio. Klub Ibu Kota Italia itu jadi klub kedelapan yang dibela Pepe Reina dalam perjalanan kariernya yang dimulai sejak 1999.

Pepe Reina bermain di Liverpool pada medio 2005-2014 dan menjadi kiper utama klub dalam jangka waktu panjang. Selain di Liverpool kiper asal Spanyol juga pernah membela Barcelona, Bayern Munchen, Napoli, Milan, dan Villarreal.

2. Jose Enrique - Bek Kiri

Sudah berhenti bermain sejak 2017 dengan Real Zaragoza karena cedera. Saat ini Jose Enrique tidak memiliki aktivitas khusus, sesekali jadi pandit sepak bola. Enrique dahulu berposisi sebagai bek kiri.

Liverpool menggunakan servisnya pada medio 2011-2016 dan ia memenangi satu titel Piala Liga. Sebelum bersama Liverpool Enrique bermain dengan Valencia, Villarreal, dan Newcastle United.

3. Daniel Agger - Bek Tengah

Bek tengah bertato yang lugas dan cukup lama bermain di Liverpool dari medio 2006-2014. Liverpool satu dari dua klub yang pernah dibela Agger dalam kariernya selain Brondby (dua periode) pada 2004-2006 dan 2014-2016.

Pengemas 75 caps dan 11 gol dengan timnas Denmark pensiun bermain pada 2016. Saat ini di usia 37 tahun Agger menjadi pelatih dan melatih klub Denmark, HB Koge, sejak 2021 lalu.

4. Martin Skrtel - Bek Tengah

Seperti Agger, Martin Skrtel juga berposisi sebagai bek tengah dan saat ini masih aktif bermain pada usia 37 tahun. Skrtel membela klub Slovakia, Spartak Trnava, setelah sebelumnya memperkuat Trencin, Zenit Saint Petersburg, Liverpool, Fenerbahce, Atalanta, dan Istanbul Basaksehir.

Skrtel memperkuat Liverpool pada medio 2008-2016 dan punya 104 caps dengan timnas Slovakia.

5. Glenn Johnson - Bek Kanan

Pensiun bermain pada 2018 lalu dengan Stoke City dan membela Liverpool pada periode 2009-2015. Pada eranya Glenn Johnson salah satu bek kanan top di Inggris dengan kemampuan melepaskan umpan silang.

Dia punya 54 caps dengan timnas Inggris. Selain Liverpool Johnson juga pernah membela West Ham United, Chelsea, Porstmouth, dan Stoke City. Dengan Chelsea Johnson pernah memenangi Premier League. Saat ini Johnson hanya menjadi pandit sepak bola.

6. Jay Spearing - Gelandang Tengah

Produk akademi Liverpool yang bermain sebagai gelandang. Jay Spearing bermain di tim utama Liverpool pada medio 2008-2013, dua kali dipinjamkan ke Leicester City dan Bolton Wanderers.

Saat ini pada usia 33 tahun Spearing masih aktif bermain di Tranmere Rovers, setelah sebelumnya membela Bolton, Blackburn Rovers, dan Blackpool.

7. Jordan Henderson - Gelandang Tengah

Siapa yang tidak mengenal nama yang satu ini. Masih membela Liverpool pada usia 31 tahun dan menjadi kapten tim. Kesabaran Jordan Henderson berbuah manis karena saat ini ada di periode terbaik Liverpool.

Henderson sudah membela Liverpool sejak 2011 pasca direkrut dari Sunderland dan sudah diplot sebagai pengganti Steven Gerrard. Sejauh ini sudah memenangi satu titel Premier League, dua Piala Liga, dan Liga Champions.

8. Stewart Downing - Penyerang Sayap Kiri

Penyerang sayap kiri yang lincah kala aktif bermain dulu. Stewart Downing membela Liverpool pada medio 2011-2013, setelah sebelumnya membela Middlesbrough, Sunderland, dan Aston Villa.

Pasca membela Liverpool Downing membela West Ham United, Middlesbrough, dan Blackburn Rovers sebelum pensiun pada 2021. Tidak ada aktivitas khusus pria berusia 37 tahun setelah pensiun.

9. Steven Gerrard - Gelandang Serang

Legenda Liverpool yang bermain di klub dari medio 1998-2015 pasca promosi dari akademi, lalu setelahnya selama setahun membela LA Galaxy. Steven Gerrard saat ini menjadi pelatih Aston Villa setelah sebelumnya melatih tim muda Liverpool dan Rangers.

Steven Gerrard terkenal sebagai salah satu gelandang terbaik Inggris di eranya bersama Frank Lampard. Gerrard gelandang serba bisa yang dapat membantu tim dalam fase bertahan dan juga produktif saat melakuan penetrasi ke kotak penalti.

10. Craig Bellamy - Penyerang Sayap Kanan

Penyerang sayap asal Wales dengan 78 caps dan 19 gol. Craig Bellamy penyerang sayap lincah pada eranya dan membela Liverpool selama dua periode (2006-2007 dan 2011-2012), kemudian dengan Cardiff City hingga 2014 sebelum pensiun.

Bellamy juga pernah membela West Ham United, Manchester City, Newcastle United, dan Blackburn Rovers. Sempat melatih Anderlecht U-21 pada 2019-2021, Bellamy kini tak punya aktivitas khusus selain jadi pandit sepak bola.

11. Luis Suarez - Striker

Salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki Liverpool pada medio 2011-2014, kemudian membela Barcelona (2014-2020) dan saat ini membela Atletico Madrid pada usia 35 tahun. Performa El Pistolero tak lagi sama, tapi ia tetap berkualitas.

Sebelum di Liverpool Suarez memperkuat Nacional, Groningen, dan Ajax Amsterdam dari medio 2005-2011. Dia punya 132 caps dengan timnas Uruguay dan menorehkan 68 gol.