BolaSkor.com - Persib Bandung akhirnya mengikuti swab test PCR (Polymerase Chain Reaction). Tes dilakukan di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Bandung, Jumat (3/7).

Dokter Persib, Mochamad Rafi Ghani mengatakan swab test ini merupakan sebuah syarat utama yang harus dilakukan. Sebab timnya akan memulai latihan bersama sebagai masa persiapan menghadapi lanjutan Liga 1 2020.

"Karena di tengah pandemi virus corona, sehingga banyak protokol kesehatan yang harus dijalani," kata Rafi usai swab test.

Rafi Ghani bersyukur lantaran kegiatan ini mendapatkan dukungan dari Laboratorium Kesehatan (Labkes) Daerah Provinsi Jawa Barat. Sehingga prosesnya berjalan lancar.

"Yang diperiksa total 46 orang. Mulai dari pelatih, ofisial, pemain, media ofisial hingga semua yang selalu bersama Persib turut dilakukan pemeriksaan," tuturnya.

Baca Juga:

Arema FC Memulai Progam Latihan pada 15 Juli

Bali United Menanti Detail Regulasi Pemain U-20 di Liga 1

Rafi memastikan pemeriksaan swab test ini akan kembali dilakukan. Sebab beberapa pemainnya masih berada di luar kota hingga luar negeri.

"Seperti yang disebutkan Pak Gubenur (Ridwan Kamil), akan dilakukan dalam dua tahap. Karena belum semua pemain, ofisial yang bisa berkumpul hari ini. Tapi kita pastikan untuk berlatih bersama, semua sudah melakukan test PCR hari ini," jelasnya.

Disisi lain, kiper Persib Bandung, I Made Wirawan sambut positif kegiatan swab test ini. Tentunya untuk mengetahui kesehatan tim sebelum menjalani latihan bersama yang rencananya akan digelar Senin (6/7) mendatang.

"Ini sesuatu yang positif tentunya, karena kita akan latihan bersama lagi. Dan test PCR ini untuk memastikan kondisi kita benar-benar fit, negatif dari virus dan merasa aman untuk latihan kembali. Ini bagus sekali," kata Made.

Kiper asal Bali ini pun begitu menantikan hasilnya. Diharapkan hasilnya negatif sehingga bisa ikut terlibat dalam sesi latihan bersama nanti.

"Saya juga sudah siap untuk latihan. Karena selama masa karantina, kita tetap melakukan latihan rutin dari program latihan mandiri dan kita mengikutinya. Saya bersyukur saya dalam kondisi yang bagus," tandas Made. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)