Skuat Terbaik Juventus dalam Satu Dekade Terakhir

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Senin, 30 Desember 2019
Skuat Terbaik Juventus dalam Satu Dekade Terakhir
Juventus. (Twitter Juventus)

BolaSkor.com - Dekade 2010an memasuki akhir menjelang pergantian tahun dari 2019 ke 2020. Selama satu dekade belakangan, tidak berlebihan apabila menyebut Juventus sebagai penguasa Serie A.

Juventus memasuki dekade 2010an dengan terseok-seok di peringkat ketujuh. I Bianconeri mengulangi torehan musim sebelumnya ketika mengakhiri musim di posisi yang sama.

Alhasil, sejumlah pelatih Juventus menjadi korban pemecatan. Diawali dengan Ciro Ferrara kemudian penggantinya, Luigi Del Neri. La Vecchia Signora baru mulai bangkit pada musim 2011-2012 bersama Antonio Conte.

Selama dekade 2010an, total delapan Scudetto dimenangi klub milik Keluarga Agnelli tersebut. Ditambah dengan empat Copa Italia serta tiga Piala Super Italia.

Baca Juga:

Pelatih Timnas Prancis Doakan Juventus Menangi Liga Champions

Matthijs de Ligt Bangga Kenakan Seragam Juventus

Juventus

Memilih deretan pemain terbaik Juventus selama dekade 2010an rasanya merupakan hal mustahil. Namun, berikut ini adalah 11 pemain terbaik dalam satu dekade terakhir versi BolaSkor.com:

Kiper: Gianluigi Buffon

Gianluigi Buffon

Tidak perlu dimungkiri rasanya betapa krusial peran Gianluigi Buffon untuk Juventus. Bahkan, Buffon sampai rela turun ke Serie B dan dua kali beruntun mengakhiri musim di peringkat ketujuh.

Meski demikian, pengorbanan Gianluigi Buffon untuk Juventus sudah terbayar lunas. Buffon memenangi tujuh Scudetto beruntun sepanjang dekade 2010an.

Bek Kanan: Stephan Lichtsteiner

Stephan Lichtsteiner

Sebelum membela Juventus, Stephan Lichtsteiner lebih identik dengan Lazio. Namun, rentetan trofi datang ke Lichtsteiner ketika pindah ke Juventus pada 2011.

Seperti Gianluigi Buffon, Stephan Lichtsteiner juga memenangi tujuh Scudetto beruntun. Bek asal Swiss itu sempat menjadi sosok tidak tergantikan di sisi kanan pertahanan Juventus.

Bek Tengah: Giorgio Chiellini

Giorgio Chiellini

Ketika mengawali karier di Juventus pada 2005, Giorgio Chiellini merupakan seorang bek kiri. Namun, memasuki dekade 2010an, Chiellini mulai sering dimainkan sebagai bek tengah.

Bersama Leonardo Bonucci dan Andrea Barzagli, Giorgio Chiellini membentuk unit yang sulit ditembus di lini belakang Juventus. Kini berstatus sebagai kapten, Chiellini merasakan delapan Scudetto beruntun.

Bek Tengah: Leonardo Bonucci

Leonardo Bonucci

Leonardo Bonucci sempat identik dengan kata blunder saat baru datang ke Juventus. Hal itu jugalah yang membuat I Bianconeri mendatangkan Andrea Barzagli pada pertengahan musim.

Akan tetapi, ternyata keputusan mendatangkan Andrea Barzagli terbukti tepat. Leonardo Bonucci perlahan menjadi salah satu bek terbaik dunia dan memiliki jiwa kepemimpinan luar biasa.

Bek Kiri: Alex Sandro

Alex Sandro

Pencarian Juventus terhadap bek kiri mumpuni berakhir dengan kedatangan Alex Sandro. Sempat menjadi pelapis Patrice Evra, Sandro perlahan mendapat tempat di sisi kiri pertahanan La Vecchia Signora.

Sosok Alex Sandro yang agresif membuatnya sebagai pemain serba guna. Beberapa kali mantan pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, memasang bek asal Brasil itu sebagai penyerang sayap.

Juventus Breaking News Trivia Sepak Bola Gianluigi Buffon Stephan Lichtsteiner Giorgio Chiellini Leonardo Bonucci Alex Sandro Claudio Marchisio Andrea Pirlo Paul Pogba Arturo Vidal Carlos tevez Alessandro del piero
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan