Soal Kasus Rasisme, Pelatih Timnas Wanita Indonesia Rully Nere: Papua Juga NKRI

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Selasa, 20 Agustus 2019
Soal Kasus Rasisme, Pelatih Timnas Wanita Indonesia Rully Nere: Papua Juga NKRI
Pelatih Timnas Wanita Indonesia, Rully Nere (Dok. PSSI)

BolaSkor.com – Pelatih Timnas Wanita Indonesia, Rully Nere, buka suara terkait kerusuhan yang terjadi di Manokwari, Papua Barat. Dia mengaku kecewa dan merasa prihatin dengan situasi di Manokwari.

Situasi di Papua Barat saat ini memang cukup mencekam. Kerusuhan pun terjadi, massa berusaha membakar kantor DPRD Manokwari serta memblokade sejumlah jalan utama dengan membakar ban.

Aksi tersebut ditengarai akibat kemarahan masyarakat Papua sebagai buntut dari peristiwa yang dialami mahasiswa asal Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur, serta Semarang, Jawa Tengah, beberapa hari yang lalu.

Rully Nere selaku putra asli Papua mengaku cukup menyanyangkan hal seperti ini masih terjadi selepas beberapa hari Indonesia merayakan HUT ke-74 Republik Indonesia.

"Jujur saya merasa kecewa dengan apa yang terjadi saat ini. Melihat apa yang dilakukan kepada kami, perasaan saya juga sakit sebenarnya. Janganlah seperti itu, kami ini juga bagian dari NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia),” kata Rully Nere kepada BolaSkor.com.

Baca Juga:

Korea Selatan Sikat Myanmar 3-1 Sebelum Hadapi Timnas Indonesia U-15 dalam Perebutan Gelar Juara

Timnas Wanita Indonesia Kalah 0-7 dari Myanmar di Piala AFF Wanita 2019

"Ketika kami dibilang seperti itu, saya benar-benar kecewa. Sekarang sudah 74 tahun merdeka, tapi sampai sekarang masih ada rasis begitu. Saya benar-benar kecewa, terlebih saat ini saya sedang berjuang membela bangsa Indonesia,” ujar Rully Nere.

Rully Nere menambahkan, jika memang apa yang dikatakan oleh masyarakat bahwa orang Papua itu binatang, mereka tidak melihat apa yang sudah diberikan oleh masyarakat Papua untuk Indonesia.

“Saya berharap ke depannya tidak ada lagi masalah seperti ini. Saya juga ingin masalah ini bisa selesai. Jika memang terus ada, dampaknya pasti besar, bukan cuma di Indonesia saja tapi nanti banyak pihak yang ingin memanfaatkan masalah ini,” tutur Rully Nere.

“Selanjutnya saya ingin mereka juga melihat apa saja yang sudah diberikan oleh masyarakat Papua kepada Indonesia. Dalam sepak bola, saya sudah berhasil memberikan medali emas SEA Games lalu junior saya seperti Osvaldo Haay, Marinus Wanewar dan Todd Ferre mereka berhasil membawa Indonesia juara. Kami Indonesia,” tutup Rully Nere.

Timnas Wanita Indonesia Rully Nere Papua Barat
Posts

4.871

Bagikan