BolaSkor.com - PSSI membentuk Satuan Tugas (Satgas) Timnas Indonesia untuk memantau perkembangan progam Skuat Garuda di bawah Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri. Satgas Timnas Indonesia ini diketuai oleh Syarif Bastaman.

Syarif Bastaman langsung menanggapi keinginan manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong yang ingin menggelar pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan pada Juli mendatang. TC ini meliputi Timnas Indonesia Senior dan U-19.

Timnas Indonesia Senior akan menghadapi sisi Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 melawan Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam. Ketiga laga ini berlangsung di bulan Oktober 2020.

Selanjutnya, Timnas Indonesia U-19/U-20 akan terjun ke Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan pada Oktober mendatang. Skuat Garuda Muda tergabung di Grup A bersama Uzbekistan, Iran, dan Kamboja. Setelah itu, secara berskala Timnas Indonesia U-19 melakukan progam persiapan Piala Dunia U-20 2021.

Baca Juga:

PSSI Beri Respons soal Pernyataan Shin Tae-yong di Media Korsel

Timnas Indonesia U-19 di Grup A bersama Uzbekistan, Kamboja, dan Iran dalam Piala Asia U-19 2020

"Prinsipnya gini dalam kontrak kita sebagai pemberi kerja, PSSI. Jadi PSSI ini bohirnya, sebagai profesional termasuk Shin Tae-yong jadi harus mengikuti arahan dari pemberi kerja. Waktu, metoda, tempat itu ranah PSSI,” kata Syarif Bastaman, dalam juma pers di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Kamis (18/6).

"Mengapa PSSI ngotot untuk diadakan di Jakarta dan secepat-cepatnya bulan juli ini, karena kita tidak mau main-main terutama event tahun depan itu pertaruhan bangsa dan negara."

“Jadi yang ada di PSSI ini bukan Business as usual, yang penting penuhi kontrak, dibayar. Tidak begitu. Jadi sebenarnya siapapun pelatihnya, dia harus punya sense of urgency,” tegasnya.