Soal Naturalisasi, PSSI Tunggu Perintah Shin Tae-yong

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Sabtu, 03 Juli 2021
Soal Naturalisasi, PSSI Tunggu Perintah Shin Tae-yong
Yunus Nusi. (Istimewa)

BolaSkor.com – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, mengatakan PSSI masih belum mau melakukan naturalisasi pemain. Menurutnya, PSSI hanya akan melakukan proses naturalisasi pemain ketika manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memintanya.

Sejauh ini memang ada beberapa pemain yang mengaku memiliki hasrat untuk bermain bersama Timnas Indonesia, salah satunya adalah Sandy Walsh. Terakhir adalah Marc Klok, pemain asal Belanda yang dinaturalisasi oleh PSSI.

"Kami akan membuka diri selama rekomendasi untuk menaturalisasi pemain datang dari Shin Tae-yong," ujar Yunus dilansir dari laman YouTube PSSI TV.

Baca Juga:

Sistem Gaji 25 Persen Sudah Tidak Berlaku, PSSI: Semua Diserahkan ke Klub

Klok Pindah ke Persib, Ketum Jakmania: Tak Ada yang Istimewa

"Kami menunggu rekomendasi dari yang bersangkutan dan tidak akan mengintervensi pemain-pemain mana yang harus di naturalisasi," tambah pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Kalimantan Timur tersebut.

Yunus Nusi menambahkan,saat ini PSSI sedang belajar dari kasus Ezra Walian ketika di naturalisasi oleh PSSI. Ezra yang di naturalisasi dari Belanda, sempat dilarang memperkuat Timnas Indonesia pada laga atau ajang AFC/FIFA mulai tahun 2019.

Hal tersebut terjadi karena terganjal perpindahan status keanggotaan dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI. Permasalahan itu sendiri pada akhirnya selesai pada Juni 2021 setelah PSSI melengkapi dokumen, dan FIFA menyatakan Ezra memenuhi syarat untuk memperkuat Skuat Garuda.

"Kami mengevaluasi kasus Ezra yang beberapa tahun baru selesai. Itu menjadi pelajaran bahwa kalau mengurus naturalisasi harus serius dan menyiapkan semuanya," pungkas Yunus Nusi.

Pssi Yunus Nusi Breaking News Timnas Indonesia Shin Tae-yong
Posts

4.871

Bagikan