Soal Tewasnya Suporter, Sesmenpora Tegaskan Kemenpora Tak Intervensi PSSI

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 24 September 2018
Soal Tewasnya Suporter, Sesmenpora Tegaskan Kemenpora Tak Intervensi PSSI
Sesmenpora, Gatot S. Dewa Broto. (BolaSkor.com/Frengky Aruan)

BolaSkor.com - Sesmenpora, Gatot S. Dewa Broto, menegaskan bahwa langkah yang ditempuh pemerintah dalam hal ini Kemenpora melalui Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), bukan bentuk intervensi terhadap PSSI. Hal ini menanggapi sikap yang dikeluarkan oleh BOPI.

Sikap BOPI berkaitan dengan kejadian di Stadion Gelora Bandung Lautan API (GBLA), Minggu (23/9). Pengeroyokan secara membabi buta yang dilakukan oknum suporter Persib mengakibatkan tewasnya pendukung Persija Jakarta, Haringga Sirila.

Setidaknya ada enam poin sikap BOPI. Salah satunya meminta PT Liga Indonesia bersikap sangat serius.

BOPI menagih sanksi tegas PSSI juga kajian agar kejadian serupa tak terjadi lagi. Bagi BOPI, nyawa tak boleh lagi ada dari penyelenggaraan kompetisi.

BOPI juga merekomendasikan PSSI dan PT Liga Indonesia menghentikan kegiatan kompetisi lebih dulu sampai sanksi tegas dan memiliki efek jera, yang konkret dibuat.

"Tidak ada kaitannya karena ini tahun politik. Bukan tahun politik pun kami juga bersikap sangat tegas. Ini adalah bagian dari representasi masyarakat," jelas Gatot S. Dewa Broto dalam jumpa pers di Kemenpora, Senin (24/9).

"Apakah Kemenpora tegas, kenapa tidak. Terus terang ini jadi concern nasional. Makanya kami apresiasi kepolisian dan silakan jalan terus, kami tidak intervensi karena bisa menjadi pembelajaran buat publik supaya jangan main-main dengan pelanggaran hukum. Itu diatur KUHP 156, 157, 160, 161," ujar Gatot.

Gatot menambahkan bahwa Kemenpora melakukan langkah yang hati-hati. "Ini bukan campur tangan pemerintah, karena bentuk keprihatinan. Kalau sampai pemerintah tidak bertindak, kami juga akan dilematis sekali."

"Kami berbuat sejauh itu tidak sampai ke ranah yang disebut pasal 13, 14, 17 Statuta FIFA," sambung Gatot.

Persija vs persib Breaking News Kemenpora PSSI Liga 1 Persija jakarta Persib Bandung Jakmania Bobotoh
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan