Soal Timnas Israel U-20 di Piala Dunia U-20 2023, PSSI Serahkan ke Kemenlu

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 13 Maret 2023
Soal Timnas Israel U-20 di Piala Dunia U-20 2023, PSSI Serahkan ke Kemenlu
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin. (BolaSkor.com/Gigi Gaga)

BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali kompak kasus Timnas Israel U-20 di Piala Dunia U-20 2023 diserahkan ke Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemenlu).

Seperti yang diungkapkan Erick Thohir, kasus ini merupakan bagian dari pemerintah. Apalagi cukup banyak yang menolak keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Tidak hanya itu, penolakan juga terjadi di media sosial. Penjajahan yang dilakukan Israel terhadap Palestina menjadi alasannya.

"Tugas PSSI itu menyiapkan timnas dan persiapan teknis dari kejuaraan, dan tentu masing-masing ada tupoksinya. Saya sampaikan salah satunya pihak Kemenlu harus siapkan sisi politiknya," kata Erick Thohir di Bandung.

Baca Juga:

Erick Thohir Sebut Piala Dunia U-20 2023 Bisa Bangkitkan Pariwisata Olahraga di Bali

Erick Thohir Berharap Stadion si Jalak Harupat Tidak Dicoret FIFA untuk Piala Dunia U-20


Menpora Zainudin Amali pun membenarkan bahwa ada bagian tugas dari masing-masing atas keberlangsungan Piala Dunia U-20 2023. Dalam Keputusan Presiden (Keppres), PSSI hanya mempersiapkan timnas dan pertandingan.

"Apa yang ditanyakan tadi itu merupakan bagian pemerintah, di pemerintah ada tupoksinya masing-masing. Ini banyak ke tugas Kemenlu. Dan saya meyakini Kemenlu insyaallah menangani ini. Diplomasi dan politiknya, Kemenlu sudah berpengalaman, dan mampu melakukan sesuai apa yang disiapkan," jelasnya.

Saat ini sudah ada 16 negara, dari total 24, yang dipastikan tampil di Piala Dunia U-20 2023. Masing-masing Indonesia, Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Fiji, Brasil, Uruguay, Kolombia, Ekuador, Selandia Baru, Inggris, Prancis, Israel, Italia dan Slovakia.

Timnas Israel U-20 menjadi salah satu tim yang lolos ke putaran final yang mewakili Konfederasi Eropa, UEFA. Dengan demikian dapat dipastikan tim nasional Israel U-20 akan datang ke Indonesia. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Israel Piala dunia u-20 Pssi Erick thohir
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan