BolaSkor.com - Hasil minor yang diraih Arsenal pada dua laga perdana Premier League 2021-2022 membuat Sol Campbell prihatin. Legenda The Gunners itu gatal untuk membenahi pertahanan tim asuhan Mikel Arteta.

Arsenal rela mengeluarkan dana sekitar 50 juta poundsterling demi memboyong Ben White dari Brighton & Hove Albion. Kehadiran penggawa Timnas Inggris itu diharapkan bisa membuat pertahanan mereka menjadi kuat.

Namun harapan itu masih jauh untuk terwujud. White tak bisa berbuat banyak saat Arsenal takluk 0-2 dari Brentford pada laga pembuka.

Baca Juga:

Arsenal Sudah Kehilangan DNA

Sederet Statistik dari Kemenangan Chelsea atas Arsenal di Derby London

Arsenal Resmikan Kedatangan Kiper Timnas Inggris di Piala Eropa 2020

White kemudian absen saat Arsenal takluk dari Chelsea dengan skor identik di Emirates Stadium, akhir pekan lalu. Ia terinfeksi virus corona dan harus menjalani isolasi mandiri.

Campbell menyaksikan laga Arsenal kontra Chelsea. Dari sana ia menilai ada yang salah dengan cara bertahan anak-anak asuh Arteta.

“Beberapa pemain perlu mengasah teknik dasarnya. Anda bisa kalah, tetapi cara kami kebobolan beberapa gol terlalu mudah," kata Campbell kepada Talksport.

"Reaksi beberapa pemain bertahan tidak saling mendukung ketika ada bahaya. Gol pertama (kontra Chelsea), mereka telah melewati kotak enam yard lalu kembali dan bertahan."

"Jangan hanya menunggu! Sederhananya, biarkan Chelsea mencetak gol yang sangat bagus, bukan gol sederhana itu," tambahnya.

Lini pertahanan Arsenal memang sangat mudah ditembus. Sementara lini depannya juga tak efektif dalam menyelesaikan peluang.

Hal ini bukan kondisi ideal bagi sebuah tim yang ingin finis di empat besar. Arteta harus segera membenahi kekurangan tersebut.

Campbell mengaku siap membantu Arteta membenahi kekurangan tersebut. Ia menunggu panggilan Arsenal.

"Beri saya pekerjaan dan saya akan membantu mereka! Saya akan memberi tahu Anda cara keluar dari tekanan dua orang seperti melawan Brentford!" kata Campbell lagi.

"Itu cukup mudah untuk dilakukan! Anda menjadi lebih sejajar dan gelandang yang menekan itu harus berlari 10 atau 15 yard lagi, lalu memberi Anda lebih banyak ruang di tengah lapangan, itu sangat sederhana!"

Kualitas Campbell

Kredibilitas Campbell sebagai bek jempolan memang tak perlu diragukan. Ia merupakan palang pintu pertahanan The Invincible Arsenal 2003-2004.

Menarik bagaimana melihat respons Arsenal terkait permintaan Campbell tersebut. Bukan tidak mungkin ia dimasukkan ke susunan staf pelatih Arteta atau bahkan menggantikannya sebagai manajer anyar.

Campbell sudah memiliki pengalaman sebagai manajer. Ia sempat menangani Macclesfield Town dan Southend United meski tak berjalan mulus.