BolaSkor.com - Antonio Conte merupakan salah satu pelatih yang memiliki karakter yang khas. Pria yang kini menangani Inter Milan itu bahkan bisa menginspirasi seorang Andrea Pirlo.

Pirlo pernah bekerja sama dengan Conte ketika membela Juventus pada periode 2011 hingga 2014. Kombinasi keduanya sukses menghasilkan tiga gelar Scudetto dan dua gelar Piala Super Italia.

Tiga tahun diasuh Conte membuat Pirlo kagum dengan gaya kepelatihannya. Ia mengaku belajar banyak terkait taktik dan strategi permainan.

Setelah pensiun pada 2017, Pirlo ingin mengikuti jejak Conte untuk menjadi seorang pelatih. Ia kini sudah memiliki lisensi kepelatihan yang merupakan syarat menangani sebuah klub.

Baca Juga:

Andrea Pirlo Ungkap Hasrat Latih Barcelona

5 Pemain yang Disia-siakan Inter Milan

Cristiano Ronaldo dan 3 Bintang yang Berlabel Legenda Lebih dari Satu Klub

"Pertama kali saya mempertimbangkan untuk menjadi pelatih itu setelah pelajaran taktik dari Conte. Dia memberi pelajaran pada setiap pemain untuk setidaknya 40 menit," kata Pirlo dikutip dari Football Italia.

"Saat saya berpikir sendiri, saya juga ingin melakukan ini."

Conte dan Pirlo sama-sama bermain sebagai gelandang semasa bermain. Keduanya tentu punya filosofi permainannya sendiri.

Conte dikenal memiliki gaya permainan yang khas. Ia sempat mengembalikan kejayaan formasi 3-4-3 dan 3-5-2 yang dianggap sudah usang saat menangani Timnas Italia dan Chelsea.

Selain Conte, Pirlo juga pernah diasuh pelatih-pelatih bernama besar lan seperti Carlo Ancelotti, Marcelo Lippi, dan Massimiliano Allegri. Pengalaman tersebut tentu akan membantu karier kepelatihannya nanti.

Biasanya, mantan gelandang yang beralih profesi menjadi pelatih berpeluang untuk sukses. Selain Conte, Pep Guardiola dan Luis Enrique termasuk dalam contoh ini.