Spanyol Telan Kekalahan Kandang Pertama dalam 15 Tahun, Blunder Luis Enrique?

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 16 Oktober 2018
Spanyol Telan Kekalahan Kandang Pertama dalam 15 Tahun, Blunder Luis Enrique?
Luis Enrique (Zimbio)

BolaSkor.com - Euforia Spanyol yang selalu menuai hasil positif sejak ditangani Luis Enrique berakhir di tangan Inggris. Bermain di rumah sendiri, Spanyol takluk 2-3 pada lanjutan laga Grup 4 Liga A UEFA Nations League.

Bagi Spanyol, ini merupakan pertama kalinya mereka kalah di kandang sendiri dalam 15 tahun terakhir.

Estadio Benito Villamarin di Sevilla menjadi saksi bagaimana gawang Spanyol dijebol tiga kali dalam 22 menit babak pertama.

Apakah ini berarti sentuhan Midas Enrique sudah berakhir? Diakui atau tidak, kekalahan Spanyol di tangan Inggris tidak lepas dari "blunder" sang pelatih. Setelah memenangi tiga laga perdana dengan membuat 12 gol dan hanya kebobolan dua, Enrique terkesan terlalu percaya diri.

Untuk menghadapi Inggris, Luis Enrique melakukan delapan perubahan dalam starternya dari laga sebelumnya melawan Wales. Tampaknya Luis Enrique bukan penganut istilah 'don't change a winning team'. Inilah kesalahan pertama Enrique.

Ya, Enrique mengabaikan pemain yang sejatinya sedang dalam performa terbaik. Enrique lebih memilih untuk mencadangkan Paco Alcacer, Rodri, dan Suso yang dalam top performa.

Perubahan juga dilakukan Enrique di lini pertahanan. Hanya David De Gea dan Sergio Ramos yang dipertahankan. Alhasil Inggris mudah mengoyak benteng Spanyol lewat serangan balik cepat. Kokohnya pertahanan Spanyol yang hanya kebobolan dua gol dalam tiga laga sama sekali tidak terlihat.

“Laga di babak pertama benar-benar menyedihkan, kami harus mengakui itu. Kami melakukan banyak kesalahan individual di semua lini. Ini kekalahan yang sulit dan kami harus menerimanya,” ujar Enrique usai laga.

Bagi Spanyol dan Luis Enrique, kekalahan dari Inggris bisa menjadi pelajaran berharga. Dari kekalahan ini Enrique bisa melihat kelemahan armadanya yang tidak terlihat saat menuai hasil positif di tiga laga awal.

Meski kalah, Spanyol masih memiliki peluang untuk melaju ke putaran final. Saat ini Spanyol masih memimpin Grup 4 dengan enam poin, unggul dua angka dari Inggris di posisi kedua.

UEFA Nations League Timnas Spanyol
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.107

Bagikan