BolaSkor.com - Laju tim basket Spanyol terhenti di babak perempat final. Spanyol gagal ke semifinal setelah dibekuk Amerika Serikat (AS) 81-95 di Saitama Super Arena, Selasa (3/8) WIB.

Pertandingan tersebut menjadi panggung terakhir bagi Gasol bersaudara, Pau dan Marc. Usai laga melawan AS keduanya menyampaikan keputusan pensiun dari tim nasional bola basket Spanyol.

Baca Juga:

Olimpiade Tokyo 2020: Kalahkan Meksiko, Brasil Melaju ke Final

Betapa Bahagianya Menpora Sambut Emas Greysia/Apriyani

5 Penampil Terbaik dari Fase Grup Sepak Bola Olimpiade Tokyo 2020

"Ini pertandingan terakhir saya untuk tim nasional. Fakta bahwa saya bisa kembali, bermain dan berkompetisi di level ini saja sudah sebuah kesuksesan besar," kata Pau dikutip dari Instagram FIBA.

Unggahan yang sama juga membubuhkan kutipan dari Marc. Dia mengatakan sudah saatnya para pemain tua lainnya untuk memberi jalan kepada generasi muda di tim Spanyol.

"Para pemain muda harus bermain. Untuk itu, kami para pemain yang lebih tua sudah saatnya memberi jalan," ujar Marc.

Pau kini berusia 41 tahun dan Marc lima tahun lebih muda. Keduanya bersama-sama memenangi medali perak Olimpiade Beijing 2008 dan London 2012.

Sementara Marc sejauh ini hanya tampil di tiga edisi Olimpiade untuk Spanyol, Pau sudah membela negaranya dalam lima edisi Olimpiade beruntun sejak Athena 2004. Pau juga punya satu koleksi medali perunggu Olimpiade tambahan, yang diraih di Rio de Janeiro 2016.

Di luar medali Olimpiade, kakak beradik Gasol juga banyak berperan dalam berbagai prestasi basket Spanyol termasuk bersama-sama menjuara Piala Dunia FIBA 2006 serta FIBA Eurobasket 2009 dan 2011.