SPFA, Akademi Sepak Bola dengan Fasilitas Kelas Satu

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Sabtu, 02 Januari 2021
SPFA, Akademi Sepak Bola dengan Fasilitas Kelas Satu
SPFA. (Media SPFA)

BolaSkor.com - Sekolah Sepak Bola (SSB) di Indonesia terus melakukan inovasi untuk benar-benar turut memajukan sepak bola Indonesia. Banyak SSB di Indonesia kini berlomba-lomba menghadirkan fasilitas kelas satu bagi para pemain muda.

Salah satunya adalah Safin Pati Football Academy (SPFA). Akademi sepak bola yang berada di Pati ini berdiri sejak Juni 2019 lalu. Pendiri awal yakni Saiful Arifin sekaligus Wakil Bupati Pati.

Ia berkolaborasi dengan Rudy Eka Priyambada, pelatih dengan Lisensi Pro Diploma. SPFA mempunyai tujuan membangun sepak bola Pati dan Indonesia pada khususnya.

Baca Juga:

4 Tips Memilih SSB yang Baik dan Berkualitas

Motivasi Orang Tua Punya Peran Penting untuk Seorang Pesepak Bola Jadi Profesional

SPFA juga berkomitmen memberikan pelatihan terbaik, fasilitas terbaik bagi pembinaan sepak bola di Indonesia, serta membangun fasilitas olahraga kelas satu di Kabupaten Pati. Buktinya Sport Complex Center.

SPFA juga diberikan metode pelatihan yang disusun langsung oleh Rudy Eka Priyambada. Rudy ini salah satu pelatih muda yang banyak pengalaman melatih, baik di Indonesia maupun mancanegara.

Pendirian SPFA ini bukannya tanpa dasar, melainkan sesuai dengan Inpres No 3. Tahun 2019 tentang “Pembangunan Sepakbola Nasional” dimana Inpres (Instruksi Presiden) tersebut berisi mengenai langkah-langkah yang diperlukan secara terkoordinasi dan terintegrasi, sesuai dengan tugas masing-masing kementerian atau lembaga dalam hal peningkatan prestasi sepakbola di Tanah air.

Tidak hanya itu saja, ada langkah-langkah untuk pengembangan bakat pemain muda, peningkatan jumlah, dan kompetensi wasit, serta pelatih sepak bola, pengembangan sistem kompetisi berjenjang dan berkelanjutan, pembenahan sistem dan tata kelola sepak bola.

SPFA ingin menjadi penyedia sarana dan prasarana stadion di seluruh Indonesia sesuai standar Internasional, serta TC (training center) sepakbola dan mobilisasi pendanaan untuk pembangunan sepakbola nasional.

SPFA Escola siap mewujudkan isi Inpres No 3 Tahun 2019. Dengan salah satunya membangun Sekolah berbasis pendidikan olahraga, yang mengedepankan nilai-nilai kedisiplinan, nilai agama, pendidikan formal mencakup keterampilan bahasa asing (English), dan sepakbola berbasis sepak bola modern. Lalu mempunyai fasilitas penunjang, diantaraya lapangan, mess, dan pendidikan terpercaya.

Selain itu juga menciptakan pemain (bibit) pemain handal profesional yang nantinya bisa bermain di tingkat klub profesional, Timnas, dan internasional. Serta merta juga bisa memperkenalkan Kabupaten Pati lewat sepak bola dengan slogan “Dari Desa Untuk Dunia”.

Terdapat kelompok usia 5 tahun sampai tahun 15 di bagian SSB . Sementara untuk Akademi mulai dari kelompok usia 9 tahun sampai 17 jenjang SMP dan SMA. Selain itu juga ke depan Akademi SPFA ini nantinya bakal membuka Akademi SPFA Kelas Universitas, dimana untuk kelompok usia U-17 ke atas (lulusan SMA/Sederajat).

Untuk saat ini Akademi SPFA Escola Pati masih menggunakan Mess sementara, mengingat Mess (Asrama) baru dalam proses pengerjaan.

Nantinya juga di SPFA ada beberapa fasilitas yang bisa digunakan sebagai penunjang latihan, di antaranya ada 3 buah lapangan, yang terdiri dari 2 buah lapangan rumput alami, dan 1 buah lapangan sintetis.

Selain itu terutama di mess (asrama) baru di Akademi SPFA Escola Pati juga bakal dilengkapi fasilitas gym dan Kolam Renang.

Profil SSB SPFA Breaking News SSB
Posts

4.871

Bagikan