SSB Dhefil's, Sepak Bola sebagai Hiburan

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Minggu, 28 Februari 2021
SSB Dhefil's, Sepak Bola sebagai Hiburan
SSB Dhefil's. (Dok. SSB Defhil's)

BolaSkor.com - Sekolah Sepak Bola (SSB) di daerah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) kini sudah semakin marak. Mulai dari yang memiliki akademi dan lapangan latihan sendiri, sampai dengan SSB yang baru didirikan dan mulai dari nol.

Hal ini yang dilakukan oleh Maulana Ibrahim ketika membangun SSB Dhefil's. Bertempat di Jatibening, Bekasi, Ibrahim mendirikan SSB ini atas dasar kecintaannya dengan sepak bola di Indonesia, terutama sepak bola usia dini.

Sampai dengan saat ini banyak yang menilai ketika masuk SSB sejak dini, para peserta didik harus bisa paham dengan teknik dasar sepak bola. Namun hal ini coba diubah oleh Ibrahim dengan menjadikan SSB sebagai tempat hiburan bermain sambil belajar.

Baca Juga:

SSB Soccer One, dari Pabrikan Motor untuk Sepak Bola Indonesia

SSB Kabomania, Berawal dari Suporter Kini Cetak Pemain

Sejatinya jika memang melihat kurikulum filanesia, ketika anak usia 6-9 tahun merupakan tahap anak untuk melalukan pengenalan dengan sepak bola. Lalu pada 10-13 tahun adalah fase pengembangan kemampuan. Lalu terakhir, 14-17 tahun merupakan fase permainan.

Ibrahim juga tidak sembarangan dalam merekrut pelatih untuk SSB Dhefil's. Rata-rata pelatih yang melatih di SSB Dhefil's memiliki lisensi pelatih C AFC, salah satunya adalah Muhammad Fajar.

"Saat ini kami ingin melakukan pembinaan pemain usia muda dan dalam rangka mewujudkan sepak bola Indonesia yang berprestasi di kancah Internasional," kata Fajar ketika dihubungi oleh BolaSkor.com, Minggu (28/2).

Sesi latihan SSB Dhefil's


"Di sini juga kamu para pelatih ingin mengenalkan olahraga sepak bola kepada anak-anak usia dini, sebagai ajang hiburan dan menanamkan hobi sejak dini. Karena memang itu pemahaman yang paling penting," tambah Fajar.

Lebih lanjut, SSB yang berlatih di Lapangan Dhefil's, Jatibening memang belum mengikuti turnamen di sekitaran JABODETABEK. Karena memang SSB ini masih baru didirikan di tahun 2020 lalu. Maka dari itu, Fajar ingin kedepannya SSB Dhefil's bisa ikut kompetisi.

"Sejauh ini target yang kami miliki paling dekat adalah mengikuti kompetisi di Jabodetabek. Seperti Liga TopSkor, Liga Kompas, IJL, dan lain-lain. Karena jika sudah berada di usia pengembangan mereka sudah harus ikut kompetisi," pungkas Fajar.

Staf pelatih SSB Dhefils



SSB DHEFIL'S

Pelatih
M.Erwin (D PSSI)
M.FAJAR (C AFC)
Bambang kindo (Ilmu kepelatihan UNJ)
Elyasremon

Tempat latihan
lapangan dhefil's, jalan Kemang sari 4 Jatibening baru, Pondok Gede, kota Bekasi.

Visi
Pembinaan pemain usia muda dan dalam rangka mewujudkan sepak bola Indonesia yang berprestasi di kancah Internasional. Mengenalkan olahraga sepak bola kepada anak-anak usia dini, sebagai ajang hiburan dan menanamkan bakat/hobby sejak dini.

Dalam rangka meningkatkan pembinaan olahraga sejak usia dini, mendidik dan melatih talenta-talenta sepakbola di wilayah Bekasi dan sekitarnya untuk menjadi pemain sepak bola yang potensial dengan didorong oleh kesadaran akan tanggung jawab terhadap prestasi sepak bola di Bekasi khususnya dan Indonesia umumnya.

Misi

1. Membina dan mengembangkan bibit-bibit sepak bola potensial dan berbakat serta berkualitas.

2. Membangun Pembinaan usia muda yang merupakan kerangka pemain nasional dan Profesional maupun Internasional.

SSB Profil SSB Breaking News
Posts

4.871

Bagikan