Stadion GBLA Diplot Jadi Venue Tambahan Sepak Bola Asian Games 2018

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 01 Juni 2018
Stadion GBLA Diplot Jadi Venue Tambahan Sepak Bola Asian Games 2018
Sekjen PSSI, Ratu Tisha. (BolaSkor.com/Frengky Aruan)

BolaSkor.com - PSSI mengajukan satu stadion lagi menjadi venue tambahan untuk cabang sepak bola Asian Games 2018. Stadion yang diajukan adalah Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), yang belakangan menjadi markas Persib Bandung.

Sebelumnya hanya empat stadion saja yang dipersiapkan, yaitu Patriot, Wibawa Mukti, Pakansari, dan Jalak Harupat, terutama untuk fase grup. Stadion GBLA diajukan sebagai tambahan mengingat berubahnya jumlah peserta dari 28 menjadi 32 tim.

Hal ini juga untuk menjaga agar Stadion Pakansari tak terlalu sering dipakai. Mengingat stadion di Cibinong, Bogor tersebut akan menjadi venue semifinal dan final cabang sepak bola.

Stadion GBLA sempat menjadi salah satu venue untuk sepak bola Asian Games 2018. Namun pada Februari 2018 diketahui batal masuk dalam daftar tempat pertandingan.

"Jadwal harus diubah dan venue harus ada tambahan. PSSI berinisiatif memanggil AFC untuk membantu verifikasi beberapa venue maupun lapangan latihan. Kami juga perlu berkonsultasi untuk stategi taktis, karena 32 tim mendaftar," kata Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria.

Ratu Tisha menambahkan bahwa kesiapan Stadion Si Jalak Harupat masih akan terus dipantau, mengingat masih dalam status perbaikan. "Kondisinya akan dilihat minggu depan, apakah Jalak Harupat bisa dipakai atau tidak."

"Kalau PSSI, dua-duanya (Jalak Harupat dan GBLA) harus digunakan karena ada 32 tim. Kalau hanya 28 tentu tidak masalah (tak memakai GBLA). Pakansari tidak boleh tinggi intensitas pemakaiannya, karena untuk semifinal dan final,," jelasnya.

Ratu Tisha juga menjelaskan bahwa setiap stadion akan didukung dua lapangan latihan. Sejauh ini tiga lapangan masih butuh perbaikan.

"Untuk Patriot, lapangan latihannya adalah A dan B Senayan. Wibawa Mukti itu Sutasoma Halim dan lapangan swasta dekat situ. Itu masih harus pemugaran. Jalak Harupat didukung Lapangan ITB dan UNPAD, kemudian Stadion Pakansari dengan lapangan Stadion Persikabo dan di luar stadion."

"Dari lapangan-lapangan itu, tiga butuh pemugaran. Karena ada standar setiap lapangan latihan harus ada ruang ganti, termasuk toile. Kami bermasalah dengan lapangan latihan untuk wasit, yang awalnya direncanakan di C Senayan. INASGOC mengabarkan bahwa Lapangan C dipakai untuk persiapan pembukaan. Kami mencari dan salah satu kandidat lapangan Stadion PTIK," tambah Ratu Tisha.

Breaking News Asian games Asian games 2018 Stadion Gelora Bandung Lautan Api PSSI
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan