Stadion Wembley, Rumah Ramah bagi Tamu

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 13 Juli 2021
Stadion Wembley, Rumah Ramah bagi Tamu
Stadion Wembley. (Twitter)

BolaSkor.com - Inggris harus memupus impian menjadi juara Piala Eropa untuk pertama kalinya. The Three Lions kalah dari Italia melalui adu tendangan penalti dengan skor 2-3 (1-1), pada laga final Piala Eropa 2020 di Stadion Wembley, Senin (12/7) dini hari WIB.

Tak ayal, Stadion Wembley yang dikenal sebagai ikon timnas Inggris dicap sebaagai rumah yang ramah bagi tim tamu. Beberapa kali, The Three Lions atau pun klub Inggris harus merana saat melakoni laga penting.

Baca Juga:

Southgate Masih Ingin Latih Timnas Inggris di Piala Dunia 2022

Gagal Juara, Mourinho Sindir Pemain Senior Inggris Termasuk Shaw

Jadi Biang Kerok Kegagalan Inggris, Rashford dan Sancho Dibela Alan Shearer

Stadion Wembley
Stadion Wembley. (Twitter)

Sejarah Wembley

Wembley pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1923. Sebelumnya, stadion ini merupakan sarana ekshibisi dan tempat keluarga Kerajaan Inggris melakukan kegiatan di luar ruangan.

Dua menara kembar yang terletak di gerbang utama menjadi trademark Wembley. Stadion ini kemudian juga menjadi markas timnas Inggris dalam menjamu lawan-lawannya.

Stadion Wembley pernah menjadi tempat bersejarah bagi timnas Inggris, ketika juara Piala Dunia 1966. Saat itu, Inggris mengalahkan Jerman Barat dengan skor 4-2 melalui perpanjangan waktu.

Timnas Inggris
Timnas Inggris. (Twitter)

Rumah Ramah bagi Tamu

Jauh sebelum Piala Dunia 1966, Wembley juga pernah digunakan untuk Olimpiade 1948. Wembley berkali-kali menggelar event olahraga dan non-olahraga internasional.

Stadion ini juga digunakan untuk venue pertandingan rugby, American Football, dan tinju. Selain itu juga digunakan sebagai venue konser-konser besar. Namun, DNA stadion merupakan markas timnas Inggris.

Sayang, juara Piala Dunia 1966 adalah gelar pertama dan terakhir Inggris hingga saat ini dalam turnamen major. Setelah itu, Wembley bagai menjadi rumah yang ramah bagi tamu.

Kisah Inggris merana di Wembley pernah terjadi saat Piala Eropa 1996. Inggris yang menjadi tuan rumah harus tumbang di tangan Jerman di babak semifinal.

Lalu Inggris pernah tidak lolos ke Piala Eropa 2008. Di Wembley, timnas Inggris takluk 2-3 dari Kroasia. Imbasnya Steve McClaren dipecat FA.

Selain itu, klub Inggris Manchester United pernah merana di Stadion Wembley. Man United takluk 1-3 dari Barcelona pada final Liga Champions 2011.

Ditambah Wembley pernah menjadi venue pertarungan dua klub Bundesliga Jerman di final Liga Champions 2013, antara Bayern Munchen kontra Borussia Dortmund. Bayern menang 2-1 atas Dortmund. Ini bukti Jerman superior di tanah Inggris.

Tentu saja, terakhir Italia memupus impian Inggris di Wembley. Ini menambah deretan Wembley rumah ramah bagi tamu.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini

Inggris Timnas Inggris Stadion wembley Piala Eropa 2020 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.010

Bagikan