Stadion yang Layak Helat Liga 1 Bertambah Jadi 16, Kini Ada JIS dan Indomilk Arena

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 16 November 2022
Stadion yang Layak Helat Liga 1 Bertambah Jadi 16, Kini Ada JIS dan Indomilk Arena
Tampak luar Jakarta International Stadium atau JIS (istimewa)

BolaSkor.com - PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) memberikan kabar terbaru soal hasil audit dan verifikasi stadion-stadion di Indonesia yang dilakukan pasca Tragedi Kanjuruhan. Operator Liga 1 dan Liga 2 itu menyebut ada setidaknya 16 stadion yang layak menggelar pertandingan kompetisi kasta tertinggi.

Jumlah ini bertambah cukup signifikan. Sebelumnya, PT LIB menyebut hanya delapan stadion yang bisa jadi arena pertandingan Liga 1.

Enam di antaranya merupakan venue pertandingan Piala Dunia U-20 2023, antara lain Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta) dan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang).

Lalu ada Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali). Sedangkan dua lagi adalah Stadion Batakan (Balikpapan) dan Stadion Jatidiri (Semarang).

"Kurang lebih 16 stadion, termasuk JIS dan Indomilk Arena juga Stadion Utama Riau," kata Juni A Rachman, Komisaris Utama PT LIB.

Baca Juga:

Ferry Paulus Ditetapkan sebagai Dirut PT LIB, Ardian Satya Negara Jabat Komisaris

Soal Lanjutan Liga 1, Ferry Paulus: Paling Realistis Mulai 2 Desember

Namun, kata Juni, beberapa stadion-stadion tersebut masih jarang digunakan untuk menggelar pertandingan. Termasuk JIS yang dibangun untuk jadi markas Persija Jakarta.

"Lalu untuk Stadion Utama Riau, di sana pernah pernah digelar Kualifikasi Piala Asia U-22 tahun 2013. Sudah digunakan juga oleh PSPS di Liga 2," ujar Juni.

Menurut Juni, jumlah stadion yang lolos verifikasi sebetulnya sudah cukup untuk kembali menggulirkan Liga 1 dengan format normal, yaitu kandang-tandang.

Namun, soal format kompetisi, PT LIB belum dapat memastikannya, termasuk tanggal pasti Liga 1 dilanjutkan. Dua hal krusial itu masih menunggu keputusan pemerintah yang pada pekan ini dijadwalkan menerima laporan hasil kerja Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia.

"Kalau memang home and away, pasti nanti akan ada verifikasi stadion lainnya," tutur Juni.

PT Liga Indonesia Baru PT LIB Jakarta International Stadium Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.299

Bagikan