BolaSkor.com - Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto, mengatakan seluruh staf pelatih Timnas Indonesia masih digaji penuh pada bulan Meret 2020. Hal ini berbeda dengan tim-tim di Liga 1 dan Liga 2 2020.

Seperti diketahui, sebelumnya PSSI sudah memberikan keputusan agar tim yang berlaga di Liga 1 dan Liga 2 2020 hanya membayar 25 persen gaji pemain, pelatih, dan ofsial pada bulan Maret sampai dengan Juni.

Staf pelatih Timnas Indonesia memang tidak cukup banyak pada pekerjaannya di bulan Maret lalu. Namun, mereka tetap bekerja.

Timnas Indonesia U-16 saja yang melakukan pemusatan latihan (TC). Tetapi TC ini harus dipulangkan lebih awal karena Virus Corona (COVID-19). Namun progam Timnas Indonesia U-16 berjalan dengan latihan daring yang dipantau pelatih kepala Bima Sakti.

Baca Juga:

PSSI dan PT LIB Tunggu Uang Sponsor, Nasib Gaji Wasit Mengambang di Tengah Force Majeure Kompetisi

APPI Masih Tunggu Jawaban dari PSSI soal Keberatan Gaji 25 Persen bagi Pemain

Sementara untuk Timnas Indonesia Senior dan Timnas Indonesia U-19, keduanya gagal melakukan TC lantaran pandemi Virus Corona. Akan tetapi, staf pelatih melakukan pemantauan pemain secara langsung pada laga Liga 1 di bulan Maret.

"Kami terima bulan Maret itu full. Sampai sekarang pun kami belum menerima kabar bahwa akan ada pemotongan gaji untuk staf pemain. Kalaupun ada kami siap menerima apapun keputusan yang dibuat oleh PSSI," kata Nova Arianto kepada BolaSkor.com, Kamis (4/2).

Hal senada juga diucapkan oleh asisten pelatih Timnas Indonesia U-16, Indriyanto Nugroho.

"Alhamdulillah sampai dengan saat ini belum ada kabar seperti itu dan kami masih menerima full gaji pada bulan Maret," ujar Indriyanto kepada BolaSkor.com.

Selanjutnya, PSSI sedang mengkaji soal pemotongan gaji staf pelatih Timnas Indonesia. Hal ini langsung dikatakan oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan.

"Saat ini kami sedang kaji penerapannya gaji para staf pelatih Timnas Indonesia baik senior maupun kelompok umur," kata pria yang kerap disapa Iwan Bule itu saat dihubungi oleh BolaSkor.com, Kamis (2/4).

Agenda Timnas Indonesia senior hingga junior harus tertunda akibat Virus Corona. Pertama, Kualifikasi Piala Dunia 2022 dimana seharursnya Timnas Indonesia bermain melawan Thailand (26/3), UEA (31/3), dan Vietnam (6/4). Seluruh pertandingan ditunda ke bulan Oktober hingga November.

Kedua, Piala AFF U-16 dan Piala AFF U-19 di Indonesia yang ditunda tanpa batas waktu yang ditentukan. Seharusnya agenda ini berjalan di bulan Juni dan Juli.