Start untuk Timnas Indonesia U-19 dan Kilas Balik Shin Tae-yong

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 21 Maret 2022
Start untuk Timnas Indonesia U-19 dan Kilas Balik Shin Tae-yong
Shin Tae-yong memimpin sesi latihan lapangan Timnas U-19. (Focus Daily/Yeongdeok-gun)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-19 telah menjalani latihan di lapangan, Sabtu (19/3). Latihan di Kabupaten Yeongdeok, Gyeongsangbuk-do, Korea Selatan, yang merupakan tempat kelahiran pelatih Shin Tae-yong.

Sebelumnya atau selama karantina tujuh hari, personel Timnas Indonesia U-19 menjalani latihan di kamar masing-masing yang diarahkan secara virtual.

Adapun agenda di hari kedua atau Minggu (20/3), diisi program lari cross country atau di medan perbukitan, menempuh jarak 6-10 kilometer. Start dimulai dari lapangan Sekolah Dasar Yeonghae, dimana Shin Tae-yong mengumpulkan pemain lebih dahulu.

"Larinya bukan cepat. Jadi ini sangat bagus untuk kalian, ada turunan, ada tanjakan. Kalian pasti akan rasakan 2-3 hari kemudian stamina bertambah. Walau capek harus melawannya," kata Shin Tae-yong dalam video di channel PSSI TV.

Baca Juga:

Timnas Indonesia U-19 Mulai TC di Korsel Usai Karantina, Pemain Baru Latihan Ringan

Shin Tae-yong Tegaskan Korsel Tempat Pas Tingkatkan Fisik dan Mental Timnas


SD Yeonghae merupakan tempat pendidikan awal Shin Tae-yong. Di SD Yeonghae, Shin Tae-yong sekaligus kilas balik awal karier sepak bolanya.

Di sekolah dasar itu bakat Shin Tae-yong mulai terlihat, terutama setelah mengeyam pendidikan tahun ketiga. Dalam wawancara dengan Inews24 pada 2011, Shin Tae-yong menjelaskan bahwa wali kelasnya memintanya untuk mencoba masuk klub sepak bola.

Shin masuk klub sepak bola dan menjadi satu-satunya murid kelas tiga. Sementara itu, pelatih sepak bola pertama Shin Tae-yong, Kim Chil-bok mengamini bahwa anak didiknya memang punya bakat.

"Tae-yong sudah jago sepak bola sejak kecil. Ia pintar. Ia mulai bermain sepak bola lebih awal, keterampilan lebih baik dari para hyung (anak laki-laki yang lebih tua). Rumah Tae-yong dekat dengan sekolah (Yeonghae). Bahkan setelah latihan, Tae-yong masih bermain sepak bola hingga larut malam dengan para hyung lokal. Saya ingat ia sering dimarahi," jelasnya dikutip dari Ybnews.

Karier sepak bola Shin Tae-yong berlanjut di Sekolah Menengah Yeonghae. Ia pindah ke Sekolah Menengah Ganggu karena klub sepak bola di sekolah sebelumnya dibubarkan. Shin kemudian masuk sekolah menengah Daegu.

Shin Tae-yong mulai dikenal secara nasional saat memasuki sekolah menengah. Ia meraih Penghargaan Pemain Terbaik di Kejuaraan Sekolah Menengah Nasional pada 1987 dan masuk Timnas U-16 atau U-17.

Shin Tae-yong selanjutnya masuk Universitas Yeungnam. Momentum baik terus berlanjut. Universitas Yeungnam memenangkan kejuaraan nasional sekaligus kejuaraan pertama sejak berdirinya tim sepak bola Universitas Yeungnam.

Tim sepak bola Universitas Yeungnam akan menjadi lawan Timnas U-19 yang dijadwalkan 22 Maret. Garuda Muda kemudian pindah ke Daegu yang juga berada di provinsi Gyeongsangbuk-do dan akan melawan Timnas Korea Selatan U-19 (25 dan 29 Maret), Universitas Daegu (27/3), Gimcheon U-18 (5/4), Pohang U-18 (6/4), Daegu U-18 (7/4), tim cadangan Pohang (9/4), Daegu FC (13/4). Timnas U-19 akan kembali ke tanah air pada 15 April.

Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong Piala dunia u-20 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan