BolaSkor.com - Layaknya turnamen sepak bola lainnya, Piala Menpora 2021 juga menghadirkan kejutan-kejutan tersendiri selama fase grup. Kegagalan Madura United melangkah ke delapan besar, salah satu yang paling menyita perhatian.

Hadir dengan empat pemain asingnya di turnamen pramusim ini, Laskar Sape Kerrap justru mendekam sebagai juru kunci. Kemenangan di laga perdana kontra PSS Sleman gagal diulang di pertandingan-pertandingan selanjutnya dan hanya satu poin tambahan yang mereka dapatkan setelahnya.

Namun, berdasarkan catatan yang dimiliki penyedia data statistik, Statoskop, dua pemain Madura United berhasil tampil menonjol. Jacob Pepper berhasil mengungguli pemain lainnya dalam urusan menang duel udara selama babak grup dengan catatan 14 kali.

Sementara Jaimerson unggul dalam dua jenis aksi yakni intersep dan umpan sukses. Pria asal Brasil tersebut mencatatkan 31 intersep alias rata-rata tujuh intersep di setiap laga yang dimainkan dan 242 umpan sukses yang dilepaskan menunjukkan bahwa ada 60 umpan sukses yang konsisten dilakukannya dalam empat laga yang dijalani.

Baca Juga:

Menko PMK Apresiasi Kinerja Panpel Piala Menpora 2021 di Malang

Riko Simanjuntak Jadi Pembeda saat Persija Kalahkan Barito Putera

Statistik Piala Menpora 2021
Statistik Piala Menpora 2021. (Statoskop)

Selain itu, ada dua pemain Persela Lamongan yang berhasil menembus jajaran elit pemimpin aksi di babak grup. Pertahanan kokoh Laskar Joko Tingkir tak bisa dimungkiri berkat kepiawaian Dwi Kuswanto yang melakukan 13 kali penyelamatan, sedangkan aksi Malik Risaldi di lini serang dianugerahi titel dribel sukses terbanyak dengan delapan kali.


Beberapa nama lain yang mencuat yakni Assanur Rijal (Persiraja) dan Andik Vermansah (Bhayangkara Solo FC) yang sama-sama mencatatkan akurasi tembakan hingga 86 persen diantara pemain-pemain yang minimal melepas lima tembakan. Sedangkan kompatriot Andik, Renan Silva menjadi pemain yang melepaskan umpan kunci terbanyak sebanyak 9 kali.

Adapun sapuan terbanyak ditempati oleh bek anyar PSS Sleman, Mario Maslac yang melakukannya sebanyak 25 kali. Bek muda Barito Putera, Bagas Kaffa, juga unjuk gigi di turnamen ini dengan catatan 12 tekel sukses. (Laporan Kontributor Arjuna Pratama/Madura)