BolaSkor.com - Saat Liverpool mengumumkan berhasil mendapatkan Mohamed Salah dari AS Roma pada 2017, aroma keraguan bisa dirasakan. Penyerang asal Mesir itu masih kurang meyakinkan bagi beberapa pihak.

Liverpool harus mengeluarkan 36,9 juta poundsterling untuk mendapatkan Salah. Harga yang dinilai terlalu tinggi buat pemain yang "dibuang" oleh Cheslea.

Selang hampir tiga tahun kemudian, Salah sudah membuktikan kemampuannya. Dia menjawab semua pihak yang meragukannya, pihak yang menganggapnya terlalu mahal.

Baca Juga:

5 Comeback Terbaik di Final Liga Champions

Jurgen Klopp Sempat Takut Dipecat Liverpool

Eredivisie Dihentikan Tanpa Juara, Bagaimana Nasib Liverpool di Premier League?

Hingga saat ini, masih ada pihak yang menilai rendah kontribusi Salah di Liverpool. Jika ditanya siapa pemain yang paling berpengaruh terhadap sukses Liverpool saat ini, tidak sedikit yang menjawab Virgil van Dijk. Apalagi Van Dijk musim lalu ada di belakang Lionel Messi pada Ballon d'Or 2019. Selain itu tidak ada yang menyangkal, Van Dijk adalah mata rantai yang dibutuhkan Liverpool.

Akan tetapi, jika menilik data statistik, kehadiran Mohamed Salah di Liverpool sangatlah krusial. Dari 113 pertandingan di Premier Leagie yang dimainkan Salah, pemain Mesir itu telah menang sebanyak 83 kali. Persentase kemenangan Salah yang mencapai 73 persen tersebut adalah yang tertinggi dari pemain mana pun yang sudah tampil 100 laga atau lebih di Premier League.

Jika diuraikan lagi, 13 kemenangan diraih Salah saat memperkuat Chelsea. Artinya, saat bersama Liverpool, dia berhasil meraih 75 kemenangan dari 100 laga. Artinya, persentase kemenangan Salah jadi lebih tinggi lagi, 75 persen.

Dalam daftar pemain dengan persentase kemenangan tertinggi di era Premier League yang disusun Squawka, Salah mengungguli duo Chelsea Claude Makelele (71 persen) dan Paulo Fereira (72 persen).

Kemenangan-kemenangan yang diraih Salah juga tidak lepas dari ketajamannya dalam membuat gol. Hingga saat ini rekor 32 gol yang dicetaknya pada 2017-18 masih menghiasi buku sejarah Premier League.

Untuk mempelajari lebih dalam, sejak bergabung dengan Liverpool, tidak ada pemain di Premier League yang mencetak lebih banyak gol secara total (70), memiliki lebih banyak tembakan tepat sasaran (174), atau memiliki lebih banyak sentuhan di kotak penalti lawan (852) daripada Salah.

Tidak hanya itu, Salah ada di peringkat keempat dalam hal dribel sukses (204) dan assist (24). Salah juga ada di urutan kedua dalam hal mencipatakan peluang emas (40).

"Dia adalah striker yang luar biasa, kelas dunia," kata Klopp tentang Salah. "Jika Anda membutuhkan seseorang untuk menyelesaikan tugas, itu adalah Mo."

Mantan gelandang Liverpool Danny Murphy bahkan menempatkan Salah di atas Luis Suarez sebagai transfer terbaik Liverpool terbaik pada dekade terakhir.

Sedangkan eks manajer Arsenal Arsene Wenger menyebut Salah memiliki kemiripan dengan Lionel Messi. Sebagai catatan, sejak Salah bergabung, Arsenal asuhan Wenger selalu gagal mengalahkan Liverpool.

"Dia adalah pemain yang lengkap. Itulah yang kami semua kagumi dan apa yang kami inginkan dari para pemain kami. Dia bisa mencetak banyak gol dan juga menciptakan assist," papar Wenger.

Dengan semua itu, sangat wajar jika pembelian Salah disebut sebagai awal dari melesatnya Liverpool. Melihat sejarah yang panjang, Liverpool memiliki daftar legenda panjang dan Mohamed Salah bisa menjadi pemain pertama di era Jurgen Klopp yang telah mengamankan tempat di antara para legenda.