BolaSkor.com - Premier League musim 2018-19 sudah memasuki paruh kedua. Pada paruh pertama, Liverpool seperti tidak terhentikan melaju ke puncak klasemen dengan catatan luar biasa.

Tim asuhan Jurgen Klopp menjadi pemuncak dengan rekor tidak pernah kalah hingga pekan ke-20. Bahkan pada laga terakhir, Mohamed Salah dkk menghancurkan Arsenal dengan skor 5-1 di Anfield.

Kini kandidat kampiun mulai bergeser dari Manchester City ke Liverpool. Hasil duel keduanya pada Jumat (4/1) dini hari nanti bukan tidak mungkin akan menjadi penentu.

Baca Juga:

Andai Dibekuk Liverpool, Manchester City Kibarkan Bendera Putih dalam Perburuan Gelar

4 Aksi Bajak Pemain Paling Spektakuler Sepanjang Sejarah

Jurgen Klopp

Klopp sendiri berpendapat kalau pacuan juara akan berlangsung hingga detik terakhir. Klopp menolak untuk membicarakan peluang pasukannya untuk mengakhiri puasa gelar Premier League.

Namun, jika melihat penampilan dan pencapaian sepanjang paruh pertama, rasanya sangat wajar jika optimisme membuncah di kubu Liverpool. Terlebih jika mereka sukses meraih poin di kandang Man City nanti.

Saat ini Liverpool unggul tujuh poin dari Man City. The Reds menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan dan meraup 45 poin dari maksimal 60 dari 17 kemenangan dan tiga kali imbang. Dengan kata lain, Liverpool memiliki rasio kemenangan 85 persen.

Jika terus mempertahankan performa seperti di paruh pertama, bukan mustahil Liverpool akan finis dengan raihan poin melebih City musim lalu.

Liverpool
Statistik Pertahanan Liverpool (skysports)

Pencapaian gemilang Liverpool hingga pekan ke-20 tidak lepas dari keberhasilan mereka membangun fondasi kokoh di lini belakang, sektor yang musim sebelumnya menjadi masalah.

Dari data statistik, Liverpool memang solid dalam urusan bertahan. Mereka hanya kebobolan 8 gol atau 0,4 per laga. Dalam urusan clean sheet, Liverpool hingga pekan ke-20 sudah mencatat 12, tertinggi di Premier League.

Catatan impresif dalam bertahan juga bisa dilihat dari tekel yang dilakukan. Total, para pemain Liverpool melakukan 305 kali tekel dalam 20 laga, 192 di antaranya berhasil (63 persen).

Namun, tentu saja hasil ini juga tidak bisa dimungkiri adalah kontribusi dari lini serang mereka. Sempat hanya menang dengan satu gol di awal, kini angka besar sudah tidak asing lagi terpampang di papan skor.

Liverpool mampu membuat 21 gol dalam enam laga terakhir di Premier League, jumlah yang sejatinya bisa lebih tinggi. Dalam urusan membuat gol, Liverpool semakin tajam seiring musim berjalan.

Liverpool
Statistik Penyerangan Liverpool

Semua itu merupakan buah dari permainan yang diterapkan dan dijalankan secara konsisten oleh pada pemain. Mereka tidak pernah berhenti melepaskan tembakan ke gawang lawan. Total sudah 234 tembakan yang mereka lepaskan hingga pekan ke-20, itu tidak termasuk tembakan yang diblok lawan.

Dari 234 tembakan, 129 menemui sasaran dan 48 berbuah gol. Dengan rasio konversi mencapai 20,5 persen, Liverpool mampu membuat satu gol setiap 37,5 menit. Yang menarik, mayoritas gol, 44 dari 48, lahir dari dalam kotak penalti.

Dari sisi permainan, Jurgen Klopp terlihat sudah makin piawai dalam menerapkan taktik. Hal ini tidak lepas dari kedalamam skuat yang dimiliki Liverpool musim ini. Di sisi lain, para pemain juga sudah fasih memainkan sistem Klopp.

Liverpool
Statistik Distribusi Bola Liverpool

Statistik separuh musim menunjukkan jika Liverpool memiliki rata-rata penguasaan bola mencapai 60 persen dengan tingkat kesuksesan umpan 84,5 persen dari total 12.201 operan. Dari total umpan, hanya 14,5 persen yang mengarah ke belakang. Selain itu, akurasi umpan di area pertahanan sendiri Liverpool terbilang tinggi dengan nyaris 92 persen. Sedangkan di area lawan 78,8 persen. Statistik ini bisa menjadi indikator permainan yang diterapkan Klopp musim ini.

Menarik ditunggu apakah Liverpool mampu mempertahankan statistik ini di paruh kedua musim. Jika mampu, penantian panjang Liverpool untuk mengangkat trofi Premier League pun bakal berakhir musim ini.