Statistik Ini Memperlihatkan Kelayakan Van Dijk Raih Penghargaan Pemain Terbaik Premier League

Arief HadiArief Hadi - Senin, 29 April 2019
Statistik Ini Memperlihatkan Kelayakan Van Dijk Raih Penghargaan Pemain Terbaik Premier League
Virgil van Dijk (kanan) menangi penghargaan Pemain Terbaik Premier League (@PFA)

BolaSkor.com - Bek Belanda berusia 27 tahun, Virgil van Dijk, menepis keraguan dan opini haters melalui performa hebatnya musim ini yang berujung penghargaan Pemain Terbaik Premier League 2018-19 versi PFA. Banderol 75 juta poundsterling dibayar kontan dengan konsistensi bermainnya di lini belakang The Reds.

Van Dijk dibeli Jurgen Klopp dari Southampton pada Januari 2018. Biaya 75 juta poundsterling menjadikannya bek termahal dunia. Meski di setengah musim lalu penampilannya belum terlalu terlihat, musim ini Van Dijk menunjukkan alasan harga itu layak untuknya.

Produk akademi Groningen menjadi andalan Klopp di jantung pertahanan. Konsistensi dan jiwa kepemimpinannya menenangkan pertahanan Liverpool hingga mereka masih bersaing merebutkan titel di dua kompetisi: Premier League dan Liga Champions.

Baca Juga:

Virgil Van Dijk Bermimpi Kawinkan Gelar Liga Champions dan Premier League

Virgil Van Dijk Sabet Penghargaan Pemain Terbaik Premier League 2018-2019

6 Kandidat Peraih Pemain Terbaik Premier League 2018-19 Versi PFA

Virgil van Dijk (Grafis BolaSkor.com)

Van Dijk total tampil 45 kali di seluruh kompetisi musim ini dan menorehkan lima gol serta memberi empat assists. PFA, Asosiasi Pesepakbola Profesional, memberikan 77,78 persen suara kepada Van Dijk untuk menjadikannya Pemain Terbaik Premier League musim ini.

Van Dijk mengalahkan kandidat lainnya seperti Raheem Sterling, Sadio Mane, Sergio Aguero, Bernardo Silva, dan Eden Hazard. Sementara untuk penghargaan Pemain Muda Terbaik diraih oleh Sterling.

"Cukup sulit diungkapkan dalam kata-kata. Saya pikir ini adalah penghargaan tertinggi yang bisa Anda dapatkan karena pemain terpilih hasil dari pemungutan suara para pemain yang Anda lawan setiap pekannya. Ini istimewa. Saya sangat bangga dan terhormat bisa menerimanya," tutur Van Dijk kepada Sky Sports.

Statistik di Balik Performa Hebat Van Dijk

Di Premier League, Liverpool terus menjaga jarak dua poin dengan Manchester City dalam perebutan titel Premier League. Sementara di Liga Champions, Liverpool akan menghadapi Barcelona, tim unggulan juara, di semifinal.

Peran Van Dijk dalam menjaga keutuhan kuartet lini belakang Liverpool akan sangat dibutuhkan Klopp. Statistik telah memperlihatkan alasan mengapa pengemas 25 caps dan empat gol dengan timnas Belanda layak memenangi penghargaan Pemain Terbaik Premier League.

Van Dijk memenangi 28 dari 36 laga Premier League ketika ia bermain - catatan terbanyak di antara bek-bek lainnya. Selain itu juga dia mencatatkan 20 clean sheets - terbanyak juga di Premier League - dan memenangni 77,03 persen duel perebutan bola.

Akan tapi apa yang membuatnya spesial adalah: Van Dijk tidak pernah bisa dilewati lawan ketika berduel satu lawan satu atau saat lawan coba mendribel bola melewatinya.

Virgil van Dijk tidak pernah dilewati lawan-lawannya (Sumber: BBC Sport)

Setidaknya dalam waktu 2.000 menit, Van Dijk tidak pernah sekali pun dilewati lawan dan menjadikannya tembok di pertahanan Liverpool. Bahkan penilik statistik terbaik kedua dalam kategori itu, Jamaal Lascelles, pernah tiga kali dilewati lawan.

Menilik seluruh statistik yang dimiliki bek tengah tersebut, Van Dijk memang layak memenangi penghargaan Pemain Terbaik Premier League 2018-19. Fans Liverpool tentu saja senang dengan penghargaan yang diterima Van Dijk usai musim lalu penghargaan itu dimenangi oleh Mohamed Salah.

Breaking News Liverpool Virgil van Dijk Pemain terbaik Premier League Raheem Sterling
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.161

Bagikan