Statistik Menarik di Balik 100 Gol Premier League Romelu Lukaku

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 01 April 2018
Statistik Menarik di Balik 100 Gol Premier League Romelu Lukaku
Romelu Lukaku telah mencetak 100 gol di Premier League (Getty Images)

BolaSkor.com - Tidak ada yang spesial dari kemenangan 2-0 Manchester United atas Swansea City di pekan 32 Premier League. Red Devils memang pantas memenanginya karena sepenuhnya mendominasi permainan dan unggul via gol Romelu Lukaku dan Alexis Sanchez.

Namun, ada yang menarik dari gol Lukaku, selain golnya itu merupakan gol ke-15 di Premier League. Gol itu menggenapkan perolehan gol penyerang asal Belgia itu menjadi 100 di Premier League. Nominal itu menandai perjalanan karier Lukaku di Premier League yang dimulai pada tahun 2011.

Kala itu, Lukaku bermain untuk Chelsea dan sempat dipinjamkan ke West Bromwich Albion (WBA) dan Everton, sebelum kontraknya dipermanenkan Everton di tahun 2014. Tiga tahun bermain di Goodison Park, Lukaku dibeli Man United di awal musim ini seharga 75 juta poundsterling.

Pemecahan rekor itu memuaskan Lukaku. Pasca memecahkan rekor personal, alumni akademi Anderlecht itu mencanangkan target yang lebih tinggi, yaitu meraih trofi bersama Man United.

"Saya benar-benar bahagia mencapai pencapaian tersebut (100 gol Premier League). Ini merupakan mimpi menjadi nyata, meski masih banyak kerja keras yang harus dilakukan. Saya ingin memenangi trofi, tapi saya benar-benar bahagia untuk meraihnya di liga yang sudah lama ingin saya mainkan sejak berusia enam tahun," tutur Lukaku di Sky Sports, Minggu (1/4).

Pecahnya rekor 100 gol Lukaku pun memunculkan beberapa statistik menarik. Berikut statistik menarik di balik pencapaian 100 gol striker kelahiran Antwerp, 13 Mei 1993.

1. Lukaku merupakan pemain-28 yang mencetak 100 gol Premier League dan dia mencapainya, pada penampilan ke-216, menjadikannya pemain ke-12 tercepat di atas Didier Drogba (220 penampilan).

2. Pada usia 24 tahun dan 322 hari, Lukaku merupakan pemain kelima termuda yang mencetak 100 gol Premier League, di belakang Michael Owen, Robbie Fowler, Wayne Rooney, dan Harry Kane.

3. 100 gol Lukaku datang dari 17 gol untuk West Brom, 68 untuk Everton, dan 15 untuk Man United. Tidak untuk Chelsea. Musim 2016/17 bersama Everton jadi yang terbaik karena dia mencetak 25 gol Premier League.

4. Lukaku telah mencetak total 51 golnya dengan kaki kiri yang menjadi kekuatan terbaiknya. 26 gol dengan kaki kanan, 21 gol dengan tandukkan kepala, dan satu lagi dari cara "lain". 95 golnya juga tercipta di dalam kotak penalti - termasuk enam penalti.

5. Lawan favorit Lukaku adalah West Ham United. The Hammers telah sembilan kali dijebol oleh Lukaku dari total 11 penampilannya melawan klub asal London. Setelahnya adalah Sunderland (sembilan gol) dan enam lainnya melawan enam klub berbeda.

6. Kevin Mirallas, eks pemain Everton, paling banyak menyuplai bola kepada Lukaku melalui 10 assists, yang diikuti Gerard Deulofeu (tujuh assists) dan Ross Barkley (enam assists). Di Man United, Juan Mata dan Anthony Martial menjadi penyumbang assist langganan baginya dengan sama-sama menorehkan tiga assists.

Romelu lukaku Manchester United English Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan