BolaSkor.com - Laga besar akan mewarnai matchday pertama fase grup Liga Champions 2021-22. Barcelona akan menjamu Bayern Munchen di Stadion Camp Nou, Rabu (15/9) dini hari WIB.

Barcelona akan memulai era baru di Liga Champions tanpa kehadiran mesin gol utama mereka Lionel Messi, yang kini berkostum Paris Saint-Germain (PSG).

Di kubu lawan, Bayern juga akan memulai kiprah di Liga Champions membawa nuansa baru dengan Julian Nagelsmann sebagai arsitek anyar.

Banyak hal menarik yang membuat laga kedua klub ini menjadi spesial. Menariknya, sepanjang sejarah Liga Champions, Barcelona dan Bayern Munchen hanya pernah sekali berada dalam satu grup pada babak penyisihan. Itu terjadi pada musim 1998-99.

Baca Juga:

Bayern Munchen Tak Sabar Hadapi Barcelona Tanpa Lionel Messi

Lanjutkan Tradisi Bajak Pemain dari Tim Rival, Bayern Rekrut Sabitzer

Presiden Bayern Heran PSG 'Kebal' Aturan FFP

Ketika itu klub asal Jerman mampu memenangi kedua laga lewat skor 1-0 dan 2-1.

Meski hanya sekali berada dalam satu grup, Barcelona dan Bayern tercatat sudah sembilan kali berduel di Liga Champions. Dari sembilan pertemuan, Munchen mencatat enam kemenangan dan Barcelona hanya dua.

Pertarungan dua klub raksasa tersebut juga diperkirakan akan berjalan seru. Pasalnya, dari sembilan kali pertemuan, laga selalu dihiasi gol. Ya, dari sembilan kali duel, tak pernah terjadi skor 0-0. Rata-rata, duel Barcelona kontra Bayern tercipta 3,88 gol per laga.

Berikut statistik menarik lain dari laga Barcelona melawan Bayern Munchen.

1. Thomas Muller merupakan pemain dengan koleksi gol terbanyak dengan mencetak enam gol dari lima pertemuan terakhir. Dari lima laga tersebut, Bayern hanya kalah sekali, sisanya menang. Dan Bayern menelan kekalahan saat Muller nihil gol.

2. Sepanjang karier sebagai pelatih, Ronald Koeman dua kali menghadapi Bayern Munchen, ketika menangani Ajax Amsterdam pada 2004-2005. Dari dua laga tersebut, Koeman belum pernah menang, sekali imbang dan kalah.

3. Sepanjang sejarah, ada empat pemain asal Jerman yang memperkuat Barcelona. Penjaga gawang Marc-Andre ter Stegen merupakan pemain Jerman terakhir. Sebelumnya ada Robert Enke, Berd Schuster, dan bek Emil Walter (1923-1932).

4. Sebaiknya Bayern pernah diperkuat tujuh pemain asal Spanyol. Gelandang Marc Roca merupakan pemain Spanyol terakhir. Sebelumnya ada Pepe Reina, Xabi Alonso, Thiago Alcantara, Javi Martinez, Juan Bernat, dan Alvaro Odriozola.