Statistik Menarik MotoGP Inggris, Sejak 2013 Selalu Muncul Pemenang Berbeda

Hendry WibowoHendry Wibowo - Jumat, 23 Agustus 2019
Statistik Menarik MotoGP Inggris, Sejak 2013 Selalu Muncul Pemenang Berbeda
Pemenang MotoGP Inggris 2017, Andrea Dovizioso (Zimbio)

BolaSkor.com - Sirkuit Silverstone, Inggris, akhir pekan ini, bakal jadi tempat lomba putaran 12 MotoGP 2019.

Karakteristik Silverstone, salah satu trek ikonik di dunia, banyak disukai pembalap. Jalannya lomba juga selalu menarik. Belum lagi, cuaca yang bisa sangat cepat berubah.

Menariknya sejak Sirkuit Silverstone jadi tempat lomba MotoGP Inggris musim 2013, selalu hadir pemenang berbeda setiap edisinya.

Baca Juga:

4 Data dan Fakta Menarik Lomba MotoGP Inggris: Rapor Bagus Yamaha

Mimpi Buruk Marc Marquez di Silverstone

Tren ini dimulai ketika Jorge Lorenzo finis pertama bersama Yamaha pada edisi 2013. Satu tahun berikutnya giliran Marc Marquez merasakan kemenangan di Silverstone.

MotoGP Inggris 2015, trek basah, giliran Valentino Rossi finis terdepan. Musim 2016, Maverick Vinales yang masih memperkuat Suzuki secara mengejutkan keluar sebagai pemenang.

Tren terus berlanjut tahun 2017, saat Andrea Dovizioso finis pertama. Lomba MotoGP Inggris 20018 sendiri dibatalkan karena cuaca buruk.

Artinya tren pemenang berbeda di Silverstone sejak tahun 2013 masih bisa berlanjut sampai edisi 2019. Menariknya jika tren ini terjadi lagi, maka nama-nama seperti Alex Rins, Danilo Petrucci atau Cal Crutchlow punya kans besar melanjutkan tongkat estafet.

Pembalap Asal Inggris, Cal Crutchlow
Pembalap Asal Inggris, Cal Crutchlow (Zimbio)

Rins terbukti sebagai pembalap cepat musim 2019, meski sering melakukan kesalahan sendiri. Kemenangan bersama tim Suzuki pada MotoGP Amerika Serikat merupakan fakta, jika semua berjalan positif, pembalap asal Spanyol ini begitu kompetitif.

Petrucci juga membuktikan sangat layak jadi pembalap pabrikan Ducati berkat torehan tiga podium berturut-turut antara MotoGP Prancis dan Katalunya, plus satu di antaranya kemenangan di Mugello.

Sedangkan tidak ada torehan lebih spesial ketimbang kemenangan di home race, jika Crutchlow bisa finis pertama pada lomba nanti. Pembalap tim satelit Honda ini juga sudah merasakan dua podium sepanjang MotoGP 2019.

Kesimpulannya, kans tren kemenangan berbeda di MotoGP Inggris kembali terjadi pada edisi 2019 sangat mungkin terealisasi.*

MotoGP Inggris Sirkuit Silverstone MotoGP 2019 Breaking News
Ditulis Oleh

Hendry Wibowo

Motorsports Enthusiast and Giallorossi Fan
Posts

2.794

Bagikan