Statistik Penguasaan Bola Terbanyak, Barcelona Bukan yang Terbaik

Arief HadiArief Hadi - Senin, 27 Juli 2020
Statistik Penguasaan Bola Terbanyak, Barcelona Bukan yang Terbaik
Barcelona (Twitter)

BolaSkor.com - FC Barcelona sedari dulu dikenal sebagai klub yang punya filosofi sepak bola jelas: ofensif, penguasaan bola, dan menghibur. Permainan mereka masih sama namun tidak lagi sebaik di era tiki-taka Pep Guardiola.

Semenjak kepergian Guardiola dari Camp Nou pada 2012 Barcelona telah ditangani pelatih berbeda dari Tito Vilanova, Gerardo Martino, Luis Enrique, Ernesto Valverde, hingga kini ditangani oleh Quique Setien.

Mereka semua memiliki filosofi bermain yang berbeda-beda, beberapa di antaranya memiliki pemikiran yang sama dengan gaya main Barcelona, kendati demikian tidak mudah mengulang generasi emas tiki-taka Pep Guardiola.

Baca Juga:

Inter Milan Punya Cukup Uang untuk Beli Lionel Messi

Luis Suarez Dibayangi Potensi Musim Paling Suram di Barcelona

Pengorbanan Barcelona Datangkan Lautaro Martinez: Siap Jual 12 Pemain

Bahkan sekarang ini dalam praktiknya berbeda pada era Quique Setien. Sang pelatih juga mengagumi penguasaan bola dan sepak bola ofensif, namun skuat terkini Barca belum memahami dengan baik keinginan bermainnya.

Barcelona tetap memainkan penguasaan bola dan sepak bola ofensif, tetapi menurut catatan Sport-English uniknya mereka bukan tim terbaik di Eropa dari segi penguasaan bola dan menempati urutan kedua.

Salah juga jika berpikir urutan pertama ditempati oleh Manchester City besutan Pep Guardiola, sebab mereka masih ada di bawah Barcelona. Lantas siapa tim dengan penguasaan bola terbaik di Eropa?

Bayern Munchen tim terbaik di Eropa dari segi penguasaan bola

Jawabannya adalah Bayern Munchen. Juara Bundesliga dan DFB Pokal arahan Hansi Flick ada di peringkat pertama dengan 62,2 persen penguasaan bola, diikuti oleh Barcelona 62,2 persen, lalu ada PSG (Paris Saint-Germain) 61,6 persen, Man City 61,6 persen, dan terakhir adalah tim yang baru promosi ke Premier League, Leeds United dengan 60,1 persen.

Khusus tim yang disebut terakhir penampilan Leeds akan dinanti musim depan karena sosok manajer jenius, Marcelo Bielsa. Selain Leeds klub-klub lain wajar jika punya penguasaan bola tinggi karena filosofi main mereka.

Sedangkan di peringkat enam ada Bayer Leverkusen dengan 59,6 persen penguasaan bola. Mengingat pelatihnya berasal dari Belanda, Peter Bosz tidak usah heran jika Leverkusen ada di daftar tersebut.

Breaking News Barcelona Bayern Bayern munchen
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan