Statistik Penunjang Ketergantungan Akut Barcelona kepada Lionel Messi Musim Ini

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 05 Februari 2019
Statistik Penunjang Ketergantungan Akut Barcelona kepada Lionel Messi Musim Ini
Lionel Messi (Zimbio)

BolaSkor.com - Tidak terasa 15 tahun berlalu sejak La Pulga alias Lionel Messi teken kontrak profesional dengan Barcelona. Dari pemuda bertalenta, sempat di-bully karena kelainan hormon, Messi kemudian menjadi megabintang sepak bola dunia.

Duel atau rivalitasnya dengan Cristiano Ronaldo menjadi pemanis dari cerita panjang Messi bersama Barcelona. Ketergantungan Blaugrana kepadanya bahkan semakin akut atau menjadi musim ini, meski Messi akan berusia 32 tahun pada Juni mendatang.

Bukti itu bisa terlihat baru ini. Tanpa Messi, Barcelona belum tentu mampu meraih satu poin saat melawan Valencia di pekan 22 LaLiga di Camp Nou, Minggu (3/2) dini hari WIB. Valencia sempat unggul 2-0 sampai menit 32 via gol Kevin Gameiro dan penalti Dani Parejo.

Untungnya Barca punya Messi. Pemain asal Argentina mencetak dua gol di menit 39 (penalti) dan 64. Itu gol ke-20 dan 21 di LaLiga, menjadikannya top skor sementara di atas Luis Suarez (15 gol), Cristhian Stuani (12 gol), dan Antoine Griezmann (10 gol).

Baca Juga:

15 Tahun Kontrak Profesional Lionel Messi, Ketika Tisu Makan Mengawali Segalanya

3 Alasan Lionel Messi akan Tampil di Piala Dunia 2022

Ernesto Valverde Ungkap Kondisi Cedera Lionel Messi

Selebrasi gol Lionel Messi

Total, dikutip dari Fox Sport Asia, Messi berkontribusi atas 33 gol dan 12 assists Barca di LaLiga. Pencapaian itu dilakukannya setelah sempat absen di dua laga LaLiga. Jika dirinci lebih dalam lagi, maka Messi punya kontribusi 46 gol dengan torehan gol totalnya di seluruh kompetisi mencapai 29 gol dan 17 assists.

Barcelona saat ini mencetak 60 gol dari 22 laga LaLiga. Itu artinya, tanpa kontribusi Messi, Barca bisa jadi saat ini berada di bawah Atletico Madrid yang berada di urutan dua klasemen LaLiga dan juga Real Madrid di peringkat tiga.

Catatan unik lainnya adalah torehan 21 gol Messi di LaLiga yang melebihi seluruh gol satu tim secara keseluruhan, ya satu tim. Klub-klub itu yakni Huesca (21 gol), Leganes (20 gol), dan Real Valladolid (19 gol).

Wajar saja memang jika Messi disebut alien dengan performa hebatnya tersebut, meski sekarang ini sudah berkepala tiga lebih. Sekarang, Messi tengah berpacu dengan waktu untuk pulih dari cedera sebelum El Clasico melawan Madrid.

Barcelona akan menjamu rival bebuyutannya itu di leg pertama semifinal Copa del Rey pada Kamis (7/2) pukul 03.00 dini hari WIB. Messi diharapkan fans turun bermain di laga itu, apalagi di Clasico Oktober silam, dia juga tidak bermain karena cedera.

Breaking News Barcelona FC Barcelona Lionel Messi LaLiga El clasico Real Madrid
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan